Sukses

12 Juli 1990: Perpecahan di Tubuh Partai Komunis dan Retaknya Uni Soviet

Politisi populis dan presiden parlemen Rusia, Boris Yeltsin, mengundurkan diri dari Partai Komunis Soviet pada 12 Juli 1990.

Liputan6.com, Moskow - Politisi populis dan presiden parlemen Rusia, Boris Yeltsin, mengundurkan diri dari Partai Komunis Soviet pada 12 Juli 1990.

Pengunduran diri itu juga telah menyebabkan deklarasi dari kelompok reformasi radikal kecil nan berpengaruh, Platform Demokrat, menyatakan bahwa mereka juga akan melepaskan diri.

Perpecahan itu membuat pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev memimpin dengan partai komunis yang compang-camping, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Senin (12/7/2021).

Diperkirakan bahwa Gorbachev telah menarik para reformis dengan memastikan kekalahan konservatif garis keras Yegor Ligachev dalam perlombaan untuk wakil kepemimpinan.

Kandidat favoritnya, Vladimir Ivashko yang pro-reformasi, terpilih sebagai gantinya.

Tapi itu tidak cukup. Dalam beberapa jam dari pemungutan suara lain untuk menyetujui aturan partai baru yang masih membatasi faksi-faksi yang beroperasi di dalamnya, Yeltsin berdiri untuk mengatasi auditorium yang diam-diam.

"Mengingat tanggung jawab besar saya terhadap rakyat Rusia dan sehubungan dengan langkah menuju sistem multi-partai saya tidak dapat memenuhi hanya instruksi partai," katanya.

"Sebagai tokoh terpilih tertinggi di republik ini, saya harus tunduk pada seluruh rakyat."

Dia kemudian berbalik dan meninggalkan ruangan tanpa kata lain.

Beberapa delegasi meneriakkan "Malu", sementara beberapa bertepuk tangan.

Gorbachev, jelas mengharapkan langkah itu, terdengar mengatakan, "Itu mengakhiri proses secara logis," sebelum menginstruksikan delegasi untuk menarik mandat kongres Yeltsin.

Keberangkatan sekelompok delegasi Platform Demokrat kurang dari satu jam kemudian mengkonfirmasi perpecahan - yang pertama sejak pembagian Bolshevik-Menshevik yang menempatkan Lenin berkuasa pada tahun 1903.

Di antara mereka yang pergi adalah walikota baru Leningrad yang populer, Anatoly Sobchak, dan walikota Moskow, Gavriil Popov.

Yeltsin telah menjadi tokoh untuk reformasi radikal sistem partai selama 18 bulan terakhir, dan telah menjadi kritikus parit Presiden Gorbachev karena tidak pergi cukup jauh dengan reformasi partai.

Terlepas dari itu, ia tetap berada di pusat struktur Partai Komunis. Namanya dikemukakan untuk dimasukkan dalam Komite Pusat yang baru akan dipilih malam ini.

Kekuatannya yang sebenarnya terletak pada dukungan populernya di antara orang-orang Rusia biasa.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh surat kabar Moskow News awal bulan ini ia mencetak peringkat popularitas 84%, menjadikannya sejauh ini tokoh paling tepercaya di dunia politik Soviet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berujung pada Keretakan Politik dan Pecahnya Uni Soviet

Beberapa hari kemudian, puluhan ribu demonstran berkumpul di samping tembok Kremlin untuk menyuarakan penentangan mereka terhadap Partai Komunis Soviet.

Pada Agustus 1991, persaingan antara elemen reformis dan konservatif kongres meletus dalam upaya kudeta terhadap Mikhail Gorbachev.

Boris Yeltsin menjadi pahlawan nasional setelah ia memasang tank untuk menggalang orang-orang melawan kudeta.

Setelah runtuhnya Uni Soviet secara resmi pada tahun 1991, Boris Yeltsin, yang sudah menjadi presiden Rusia, menemukan dirinya sebagai kepala negara adidaya dunia.

Kepresidenannya ditandai dengan reformasi ekonomi dan politik yang cepat.

Dia mengambil sisa-sisa konservatisme Soviet lagi pada tahun 1993, dalam bentrokan bersenjata di mana gedung Parlemen dikupas dan 100 orang meninggal.

Dia kemudian memenangkan pemilihan presiden pasca-Soviet pertama pada tahun 1996, meskipun peringkat popularitasnya anjlok.

Pada tahun yang sama, ia menjalani operasi jantung besar, dan ada kekhawatiran serius tentang kondisi kesehatannya.

Di tengah meningkatnya kritik terhadap perilakunya yang tidak menentu, termasuk beberapa kejanggalan memalukan di panggung internasional, Yeltsin hengkang dari kursi kepresidenan pada 1 Januari 2000.

Pengganti pilihannya, Vladimir Putin, memenangkan pemilihan berikutnya beberapa bulan kemudian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini