Sukses

3 Turis Asing di Phuket Langgar Protokol COVID-19, Thailand Ketar-Ketir

Pada 1 Juli 2021, destinasi wisata populer Phuket, Thailand resmi dibuka untuk turis internasional yang telah divaksinasi.

Liputan6.com, Phuket - Pada 1 Juli 2021, destinasi wisata populer Phuket, Thailand resmi dibuka untuk turis internasional yang telah divaksinasi.

Di bawah skema "sandbox" Phuket, wisatawan tidak lagi diharuskan menjalani karantina jika mereka telah sepenuhnya divaksinasi di negara mereka selama setidaknya 14 hari dan dites negatif pada saat kedatangan.

Setelah melalui prosedur imigrasi dan bea cukai, pelancong juga harus mengikuti tes COVID-19 dan menunggu 24 jam di hotel yang ditunjuk untuk hasil tes.

Di antara persyaratan lain untuk pendatang baru di Phuket adalah menginstal aplikasi pemantauan dan menyalakan fitur berbagi lokasi untuk seluruh durasi tinggal mereka di Thailand.

Namun, menurut Thaiger, sejak pembukaan 1 Juli, pulauitu melaporkan "pelarian" tiga pelancong dari akomodasi masing-masing.

Ketiga pelancong kemudian ditemukan dan ditangani oleh pihak berwenang.

Menurut Gubernur Phuket Narong Woonsew, ketiga orang asing itu telah meninggalkan akomodasi hotel mereka baik sambil menunggu hasil tes COVID-19 mereka keluar, atau karena mereka ingin tinggal di rumah sebagai gantinya, lapor Coconuts.co.

Pelancong pertama yang "hilang" adalah orang Amerika Serikat. Dia diketahui meninggalkan kamarnya semalaman.

Dia kemudian diketahui meninggalkan Thailand sama sekali untuk terbang kembali ke AS, karena masalah bisnis yang mendesak di rumah.

Orang hilang berikutnya adalah seorang pria Jerman, yang memiliki keluarga di Phuket.

Menurut The Bangkok Post, ia telah meninggalkan hotelnya untuk tinggal bersama istrinya di Thailand di provinsi itu.

Ini melanggar aturan karena hasil tes COVID-19-nya belum dikonfirmasi, menurut Thaiger.

Dia juga diduga tidak tinggal di hotel yang ditunjuk oleh pemerintah.

Pengunjung ketiga adalah seorang pria Norwegia berusia 82 tahun dengan demensia ringan, yang ditemukan hilang pada pagi hari tanggal 6 Juli.

Phuket News melaporkan bahwa turis lanjut usia itu kemudian terlihat oleh seorang penjaga keamanan hotel yang naik sepeda motor, menuju ke bagian lain pulau.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang dibagikan sehubungan dengan mengapa dia telah hilang, meskipun Komandan Polisi Provinsi Phuket Mayjen Pornsak Nuannu menyatakan bahwa demensia ringan dapat berkontribusi pada situasi tersebut.

Baik turis Jerman maupun Norwegia itu kemudian dikembalikan ke hotel mereka oleh pihak berwenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekhawatiran Kluster COVID-19 Baru di Thailand

Kini muncul kekhawatiran bahwa insiden-insiden serupa bisa terulang, dan memicu kluster COVID-19 baru di Thailand.

Meski begitu, hanya satu orang - seorang pelancong dari Uni Emirat Arab - telah dites positif untuk virus corona sejauh ini.

Dia dengan cepat dibawa ke rumah sakit untuk perawatan medis, dengan mereka yang telah bepergian bersama dengannya kemudian diisolasi di fasilitas karantina khusus.

Insiden terkait kekhawatiran di Phuket lainnya antara lain ketika PM Thailand Prayut Chan-o-cha harus melakukan isolasi mandiri setelah bersentuhan erat dengan pemimpin bisnis yang positif COVID-19 dalam pembukaan lokasi wisata itu.

Phuket adalah yang pertama di Thailand yang meluncurkan skema eksperimental "Phuket Sandbox", tanpa diperlukan masa karantina.

Menurut CNA, pulau wisata ini telah menyambut sekitar 2.113 pelancong per 7 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.