Sukses

Rusia Janji Beri Junta Militer Myanmar 2 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Pemimpin junta militer Myanmar Min Aung Hlaing mengatakan bulan lalu bahwa ia sedang mencari tujuh juta dosis vaksin Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Junta militer Myanmar telah mengumumkan bahwa Rusia akan mengirim dua juta dosis vaksin virus corona COVID-19 mulai bulan ini, karena negara Asia Tenggara itu melaporkan rekor lain dalam kasus dan kematian COVID-19.

Jenderal Min Aung Hlaing, yang memimpin kudeta 1 Februari terhadap pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi, mengatakan virus itu menyebar cepat di Myanmar dan bahwa pejabat senior pertahanan Rusia telah mengatakan kepadanya bantuan dengan vaksin sedang dalam perjalanan.

"Saya mengatakan kepada mereka bahwa saya menginginkan dua juta dan mereka akan memberi," katanya dalam sambutan yang dibawa oleh televisi Myawaddy milik tentara.

Myanmar melaporkan 4.320 kasus pada hari Jumat, rekor untuk hari kedua berturut-turut, dan 63 kematian.

Min Aung Hlaing mengatakan bulan lalu bahwa ia sedang mencari tujuh juta dosis vaksin Rusia.

Myanmar berada di tengah gelombang infeksi yang paling serius hingga saat ini, dengan upaya untuk mengelola wabah terhambat oleh kekacauan politik nasional setelah perebutan kekuasaan militer.

Ada juga laporan tentang wabah COVID di dalam penjaranya, termasuk di Insein yang terkenal, di mana setidaknya 40 tahanan dilaporkan telah dites positif pada hari Kamis.

Pada bagian awal pandemi, banyak tahanan di penjara Insein menjadi sakit dan beberapa meninggal, tetapi ada sedikit pengujian COVID-19 untuk tahanan.

Secara keseluruhan, beberapa ahli kesehatan mengatakan tingkat infeksi nyata Myanmar kemungkinan akan jauh lebih tinggi, mengingat keruntuhan dalam pengujian sejak kudeta dan petugas kesehatan bergabung dengan pemogokan sebagai protes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan dari Moskow

Rusia adalah di antara beberapa negara yang secara terbuka mendukung pemerintahan militer, yang telah dikutuk secara global untuk kudeta dan tindakan keras mematikan pada kelompok pro-demokrasi.

Pemerintah militer mengatakan sebagian besar dari mereka yang terbunuh atau ditangkap adalah "teroris" yang menghasut kekerasan.

Min Aung Hlaing mengatakan Myanmar sangat ingin membuat vaksin COVID-19 sendiri dan Rusia ingin bekerja sama dan mengirim delegasi untuk memeriksa pabrik produksinya selama bulan ini. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Ketika pandemi COVID-19 berkecamuk, protes terhadap pemerintah militer juga berlanjut di beberapa bagian negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.