Sukses

Kuda Tertinggi Sedunia Mati di Wisconsin AS

Kuda tertinggi di dunia yang bernama Big Jake di Wisconsin, Amerika Serikat dikabarkan mati.

Liputan6.com, Wisconsin - Kuda asal Belgia yang diberi nama Big Jake tinggal di Smokey Hollow Farm di Poynette, Wisconsin, Amerika Serikat.

Kuda tertinggi di dunia berusia 20 tahun itu dikabarkan mati.

Ketika dihubungi kantor berita Associated Press lewat akun Facebook pada Senin 5 Juli 2021, Valicia Gilbert, istri pemilik peternakan Jerry Gilbert, mengatakan Big Jake mati dua pekan lalu. Kendati demikian tapi menolak memberikan tanggal pasti kematiannya.

"Kami lebih suka tidak mengenangnya dari suatu tanggal karena ini merupakan peristiwa yang traumatik bagi keluarga kami," ujar Gilbert, seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (8/7/2021).

Big Jake adalah seekor kuda dengan tinggi 2,1 meter dan berat sekitar 1.136 kilogram.

Pada tahun 2010, The Guinness Book of World Records menyatakan Big Jake sebagai kuda paling tinggi yang pernah hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Big Jake Dikenang Sebagai Kuda yang Luar Biasa oleh Pemilik

Kepada WMTV, Jerry Gilbert mengatakan bahwa Big Jake adalah seorang "superstar" dan "hewan yang sangat luar biasa."

Ia mengatakan Big Jake dilahirkan di Nebraska dengan berat 109 kilogram, atau 45 kilogram lebih berat dibanding seekor anak kuda Belgia yang baru lahir.

Dikatakannya juga bahwa ia berencana mengenang Big Jake dengan tetap mengosongkan kandangnya dan memasang batu bata di bagian luar dengan nama dan foto kuda itu.

"Sangat sepi di peternakan ini," ungkap Jerry Gilbert.

"Seakan kuda-kuda lain tahu Big Jake mati. Saya pikir mereka juga memiliki waktu berduka sendiri karena Jake kerap menjadi pusat perhatian di sini. Ada rasa kehilangan yang sangat besar. Rasanya ia masih di sini, padahal tidak lagi," ceritanya.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.