Sukses

Infeksi COVID-19 Varian Delta Melonjak, Portugal Imbau Warga Waspada

Portugal mengeluarkan imbauan waspada karena kelonjakan kasus infeksi COVID-19 varian Delta.

Liputan6.com, Lisbon - Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa mendesak warganya untuk tetap waspada terhadap gelombang keempat penyebaran virus, dengan COVID-19 varian Delta yang lebih menular menyebabkan hampir 90 persen kasus baru.

 

"Kami tidak bisa terganggu atau bersantai," kata PM Costa, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (7/7/2021).

Ia juga mendesak warga di Portugal agar menjaga kebersihan dan social distancing.

Tingkat infeksi COVID-19 di Portugal telah melonjak setelah negara itu membuka perbatasannya untuk pelancong dari Uni Eropa dan Inggris pada pertengahan Mei 2021, dan sekarang kembali ke level yang terakhir pada Februari 2021 ketika lockdown diberlakukan.

Sekarang, sebagian besar bisnis telah dibuka kembali di Portugal dan, saat musim turis musim panas dimulai, pantai-pantai penuh dengan pengungjung.

Sejauh ini, hanya 38% dari populasi Portugal yang sudah divaksinasi, dan kasus-kasus baru COVID-19 sebagian besar dilaporkan di antara orang-orang muda yang tidak divaksinasi.

Sementara itu, kematian baru akibat COVID-19 di Portugal hanya bertambah satu digit, jauh di bawah angka yang tercatat pada Februari 2021.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

COVID-19 Varian Delta Sebabkan 89,1 Persen Infeksi di Portugal

Namun demikian, Portugal memberlakukan jam malam pekan lalu di 45 kota termasuk Lisbon, Porto dan Albufeira, dan restoran dan toko non-makanan harus tutup lebih awal pada akhir pekan di beberapa daerah.

Lembaga kesehatan nasional Portugal mengatakan dalam sebuah laporan bahwa COVID-19 varian Delta sekarang menyebabkan 89,1 persen infeksi, dengan peningkatan tajam di utara dan di pulau-pulau Atlantik Madeira dan Azores.

Lebih dari setengah kasus infeksi baru yang dilaporkan di negara itu pada Selasa (6/7) berada di konurbasi Lisbon.

Portugal kini sedang mencoba memperluas dan mempercepat kampanye vaksinasi COVID-19, yang dibuka untuk warga berusia di bawah 30 tahun.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala COVID-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.