Sukses

Peneliti Harvard: Vaksin COVID-19 Beri Bayi Baru Lahir Kekebalan Protektif Melalui ASI

Studi ini juga menunjukkan vaksin mRNA COVID-19 memberikan kekebalan protektif kepada bayi baru lahir melalui ASI dan plasenta.

Liputan6.com, Boston - Para peneliti di Massachusetts General Hospital (MGH), Brigham and Women's Hospital dan Ragon Institute of MGH, MIT dan Harvard telah menemukan bahwa vaksin mRNA COVID-19 sangat efektif dalam memproduksi antibodi terhadap virus SARS-CoV-2 pada wanita hamil dan menyusui.

Dikutip dari laman news.harvard.edu, Senin (5/7/2021) studi ini juga menunjukkan vaksin mRNA COVID-19 memberikan kekebalan protektif kepada bayi baru lahir melalui air susu ibu atau ASI dan plasenta.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology (AJOG), mengamati 131 wanita usia reproduksi (84 hamil, 31 menyusui dan 16 tidak hamil), yang semuanya menerima salah satu dari dua vaksin mRNA baru: Pfizer/ BioNTech atau Moderna. Titer yang diinduksi vaksin -- atau tingkat antibodi -- setara di ketiga kelompok.

"Berita tentang kemanjuran vaksin yang sangat baik ini sangat menggembirakan bagi wanita hamil dan menyusui, yang tidak mengikuti uji coba vaksin COVID-19 awal," kata Andrea Edlow, spesialis kedokteran ibu dan janin di MGH serta direktur Lab Edlow di Vincent Center for Reproductive Biology dan penulis senior studi baru ini.

"Mengisi kesenjangan informasi dengan data nyata adalah kuncinya. Terutama untuk pasien hamil yang berisiko lebih besar untuk komplikasi dari COVID-19. Studi ini juga menyoroti bagaimana keinginan individu hamil dan menyusui untuk berpartisipasi dalam penelitian."

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, individu yang hamil lebih mungkin sakit parah dengan COVID-19, memerlukan rawat inap, perawatan intensif atau ventilasi.

Serta mungkin berisiko lebih tinggi untuk masalah kehamilan yang merugikan.

Tim juga membandingkan tingkat antibodi yang diinduksi vaksinasi dengan yang diinduksi oleh infeksi alami COVID-19 pada kehamilan, dan menemukan tingkat antibodi yang jauh lebih tinggi dari vaksinasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transfer Antibodi dari Ibu ke Bayi

Antibodi yang dihasilkan oleh vaksin juga ada di semua sampel darah tali pusat dan ASI yang diambil dari penelitian, yang menunjukkan transfer antibodi dari ibu ke bayi baru lahir.

"Kami sekarang memiliki bukti yang jelas bahwa vaksin COVID-19 dapat menginduksi kekebalan yang akan melindungi bayi," kata Galit Alter, anggota inti dari Institut Ragon dan salah satu penulis senior studi tersebut.

"Kami berharap penelitian ini akan mengkatalisasi pengembang vaksin untuk menyadari pentingnya mempelajari individu hamil dan menyusui, dan memasukkan mereka ke dalam uji coba. Potensi desain vaksin rasional untuk mendorong hasil yang lebih baik bagi ibu dan bayi tidak terbatas, tetapi pengembang harus menyadari bahwa kehamilan adalah keadaan imunologis yang berbeda, di mana dua nyawa dapat diselamatkan secara bersamaan dengan vaksin yang kuat. Kami berharap dapat mempelajari semua platform vaksin dalam kehamilan saat tersedia."

Studi ini juga mampu memberikan wawasan tentang perbedaan potensial antara respon imun yang ditimbulkan oleh vaksin Pfizer dibandingkan dengan vaksin Moderna, menemukan tingkat antibodi mukosa (IgA) lebih tinggi setelah dosis kedua Moderna dibandingkan dengan dosis kedua Pfizer.

"Temuan ini penting untuk semua individu, karena SARS-CoV-2 diperoleh melalui permukaan mukosa seperti hidung, mulut, dan mata," kata Kathryn Gray, seorang dokter kandungan di Brigham and Women’s Hospital dan penulis pertama makalah ini.

"Tapi itu juga sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui karena IgA adalah antibodi kunci yang ada dalam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.