Sukses

5 Benda yang Sebaiknya Jangan Dikenakan Saat Naik Pesawat Terbang

Hindari beberapa barang berikut saat melakukan penerbangan jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jauh dengan pesawat memang menyenangkan. Namun akan berbeda apabila kita memakai atau membawa peralatan yang dirasa akan menganggu aktivitas kita selama di pesawat. Yang harusnya bisa menikmati awan di langit, justru kita gelisah karena ketidaknyamanan yang kita buat sendiri.

Sebaiknya Anda perlu cermat ketika memilih pakaian atau barang bawaan saat naik pesawat. Melansir dari Bright Side pada Minggu (04/07/2021), berikut barang bawaan yang sebaiknya dihindari, di antaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pakaian terlalu ketat

Celana jeans mungkin akan terlihat modis. Tetapi perlu diketahui memakai ini bisa mengurangi kenyamanan saat penerbangan. Selama di pesawat kebanyakan besar kita hanya duduk saja hingga sampai ke bandara tujuan. Untuk itu alangkah baiknya Anda memilih pakaian yang membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Lantaran penerbangan yang lebih lama bisa membuat Anda terkena risiko deep vein thrombosis, yaitu penggumpalan darah yang terjadi pada satu atau lebih pembuluh darah vena dalam. Biasanya menyerang pembuluh darah pada daerah kaki seperti paha atau betis. Tubuh juga cenderung akan membengkak pada saat berada di ketinggian 42.000 kaki.

3 dari 6 halaman

2. Lensa kontak mata

Udara di pesawat berbeda dengan udara di darat. Ini karena udara kabin disirkulasikan. Kemudian pada ketinggian yang tinggi menghasilkan kelembapan yang lebih rendah. Udara kering tersebut dapat menyebabkan iritasi mata. Terutama bagi mereka yang memakai lensa kontak. Untuk itu disarankan agar penumpang memakai kacamata sebagai gantinya.

4 dari 6 halaman

3. Sepatu hak tinggi

Sepertinya sepatu hak tinggi bukanlah pilihan tepat ketika Anda melakukan penerbangan. Di tambah lagi situasi darurat atau mengejar pesawat karena hampir terlambat. Yang ada kita akan mudah kelelahan karena menahan hak pada sepatu dan membuat kaki menjadi lecet. Pastinya itu merepotkan. Oleh karenanya, hindari memakai sepatu hak tinggi ketika berpergian dengan pesawat.

5 dari 6 halaman

4. Aksesoris berbahan logam

Ketika Anda melewati sensor keamanan bandara sebaiknya hindari memakai barang-barang yang mengandung logam. Hal itu bisa memperlambat Anda untuk bisa naik pesawat. Kalau pun Anda terlanjur memakainya segeralah dilepas dan diletakkan pada tas yang lain.

6 dari 6 halaman

5. Memakai parfum berlebihan

Dalam memakai parfum sah sah saja untuk mengantisipasi bau badan. Namun jika dipakainya berlebihan itu jelas akan menganggu orang di sekitar. Mungkin Anda menyukai aroma parfum yang disemprotkan pada tubuh Anda.

Lalu, bagaimana dengan orang di sekitar Anda. Apakah mereka menyukainya juga? Bila mereka tidak menyukai atau alergi terhadap parfum tentu membuat mereka jadi tidak nyaman. Apalagi menghilangkan aroma parfum tidaklah mudah. Lantaran di pesawat sangatlah dilarang untuk membuka jendela yang justru menyebabkan bahaya lebih parah.

Beberapa perlengkapan di atas sebaiknya Anda hindari untuk dipakai atau dibawa. Sehingga Anda bisa lebih tenang ketika melakukan penerbangan.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.