Sukses

Dear Moms, Ini 5 Tips untuk Cegah Rasa Cemburu di Antara Anak-Anak

Beberapa poin akan membahas cara mengatasi rasa cemburu di antara anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang tua bukan tugas yang mudah. Apalagi bagi ibu yang memiliki anak lebih dari satu. Tanggung jawab pun terasa semakin besar dan kemungkinan terjadi beberapa kesalahan dalam mendidik mereka.

Misalnya saja Anda tidak sadar selama ini kurang bersikap adil terhadap anak-anak. Sehingga muncul kecemburuan di antara mereka.

Untuk itu, rasa cemburu anak kepada saudara harus segera diatasi. Pasalnya, studi mengatakan bahwa kecemburuan antar saudara kandung membuat perilaku menjadi mudah marah dan bisa timbul kekerasan dari perkelahian yang terjadi.

Melansir dari Bright Side pada Minggu (04/07/2021), berikut tips mencegah kecemburuan anak terhadap saudara, diantaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menerima emosi anak

Psikolog mengungkapkan bahwa sangat penting untuk mengetahui emosi anak-anak. Misalnya saja, Anda harus menerima jika sang anak memiliki karakter yang mudah marah, cemburu atau cengeng.

Anda bisa menjelaskan bahwa emosi negatif itu normal terjadi. Namun, Anda perlu mengajarkan bagaimana mengatasinya agar emosi tersebut tidak menguasai diri.

3 dari 6 halaman

2. Menghabiskan waktu bersama anak

Sebagai orang tua sebaiknya memanfaatkan betul golden moment. Sebisa mungkin meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama. Jadi sang anak sedari kecil sudah terbiasa berkumpul bersama.

Bersikaplah adil bagi setiap anak berikanlah mereka kesempatan untuk bisa mendapatkan perhatian Anda secara penuh. Anda bisa menentukan dengan mengatur jadwal kapan untuk menghabiskan waktu bersama. Dari sini si anak akan merasa diperhatikan dan lebih dihargai kehadirannya.

4 dari 6 halaman

3. Jangan sekali-kali membanding-bandingkan

Biasanya sikap membandingkan antara si adik dan kakak seringkali dilontarkan oleh para orang tua. Padahal setiap anak tidaklah sama.

Jika si kakak memiliki keunggulan dalam akademinya, maka dukunglah. Namun jika si adik justru lebih unggul dalam dunia seni atau olahraga. Anda pun juga tetap mendukungnya.

Jadi Anda harus melihat bahwa mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Fokuslah terhadap bakat atau kelebihan yang mereka miliki. Sehingga mereka tidak mudah cemburu satu sama lain. Mereka pun merasa lebih dihargai dan menghindari rasa cemas berlebih.

5 dari 6 halaman

4. Membedakan gender

Kasus ini juga acapkali melanda pola pikir orang tua yang salah. Anak perempuan biasanya akan dituntut bersikap lembut, pemalu, dan anggun. Sedangkan, si anak laki-laki haruslah gagah, pemberani, dan berprinsip.

Lalu, sejak kecil si anak laki-laki dilarang bermain masak-masakan yang dianggap sebagai mainan anak perempuan. Padahal anak laki-laki Anda menyukainya. Dia pun merasa sedih dan iri karena si adik bisa mendapatkan yang diinginkan sedangkan dia tidak.

Melihat kasus ini sebaiknya Anda bebaskan apa pilihan mereka. Jika mereka ingin bermain bersama dirasa itu tidak menjadi masalah.

6 dari 6 halaman

5. Membentuk hubungan yang harmonis antar saudara

Para orang tua bisa memulainya dengan membentuk karakter mereka satu sama lain. Contohnya Anda mengajarkan bahwa sebagai saudara kita perlu saling mendukung.

Entah itu memotivasinya dengan membaca buku bersama seperti referensi buku What Brothers Do Best oleh Laura Numeroff untuk saudara laki-laki dan Frozen untuk saudara perempuan. Mereka juga bisa berbincang soal kartun kesukaan. Dari situ akan membuat hubungan terasa erat satu sama lain dan merasa akan saling membutuhkan.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan untuk menghindari sikap saling cemburu di antara anak-anak.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.