Sukses

Apakah Hewan di Laut Bisa Tenggelam? Ini Kata Ahli

Para ahli membahas seputar apakah binatang di dalam air seperti di laut bisa tenggelam. Apa jawabannya?

Liputan6.com, Oceana - Berdasarkan laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 236.000 orang tenggelam setiap tahunnya. Akan tetapi, bukan saja manusia yang bisa tenggelam. Para binatang seperti anjing, ular, burung, dan lainnya juga bisa tenggelam ketika mereka terperangkap di air tanpa ada cara untuk melarikan diri.

Namun, bagaimana jadinya jika ikan atau hewan laut lainnya ikut tenggelam?

Ilmuwan Kelautan di Organisasi Perlindungan dan Konservasi Lingkungan di Oceana, Frances Withrow mengatakan bahwa bukan hanya manusia saja yang membutuhkan oksigen, hewan laut pun juga. Hanya saja hewan laut hidup dari oksigen terlarut. Sementara kita mendapatkan oksigen dari udara.

Melansir dari Live Science pada Sabtu (3/7/2021), mayoritas ikan bernapas ketika air bergerak melintasi insang mereka. Tetapi jika insangnya rusak atau air tidak bisa bergerak melewatinya, ikan bisa mati lemas. Secara teknis mereka tidak tenggelam. Lantaran mereka tidak menghirup air. Namun mereka mereka mati akibat kekurangan oksigen.

Salah satu penyebab insang rusak adalah alat tangkap seperti beberapa jenis mata kail. Lalu ada patogen, terutama bakteri yang dapat menempel pada insang. Sehingga menghalanginya dan tidak dapat menyaring oksigen dari air atau menurunkannya ke titik di mana mereka tidak lagi berfungsi.

"Ini seperti jika kita memiliki penyakit pernapasan yang sangat buruk. Itu membuat hewan bekerja lebih keras untuk bernapas," kata Withrow.

"Walaupun beberapa ikan dapat memompa air melalui insangnya saat istirahat. Tetapi banyak ikan yang harus dahulu berenang terus-menerus agar air mengalir melewati mereka. Jika mereka terjebak, seperti di jaring ikan. Alhasil mereka perlahan akan lemas dan mati," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerusakan Insang

Contohnya hiu membutuhkan siripnya untuk berenang.

Ketika para nelayan menangkap hiu kemudian mengambil siripnya -- untuk dijadikan makanan seperti sup sirip hiu, lalu melepaskannya kembali ke laut, maka hiu tak bisa lagi berenang di laut.

"Aksi penangkapan ilegal ini sering terjadi dan mereka tidak memikirkan soal dampak berkelanjutannya. Bukan saja mengurangi populasi hiu. Mereka juga sangat kejam terhadap hiu."

"Lantaran hiu tersebut jadi tidak bisa berenang lagi ketika dilepaskan, hiu akan dimakan oleh predator sehingga membuatnya mati," tegas Withrow.

Di samping itu, hewan laut lainnya, seperti kura-kura dan lumba-lumba memperoleh udara sama seperti manusia. Tetapi mereka hanya bisa melakukannya saat muncul ke permukaan saja.

Bilamana peralatan memancing menjebak mereka di bawah air. Jaring insang akan hanyut atau jaring raksasa yang mengapung di air itu tidak dirancang untuk menargetkan spesies ikan tertentu. Kemungkinan mereka akan mati lemas.

"Bergantung pada ukuran jaring, ia akan menangkap apa pun yang berenang. Termasuk ikan, penyu dan mamalia laut yang tidak ingin dijual oleh nelayan. Jenis peralatan memancing lainnya memiliki tali yang dapat menjerat hewan, seperti paus dan mencegahnya muncul ke permukaan," terang Withrow.

Withrow mengungkapkan sulit untuk mengetahui berapa banyak hewan laut yang mati lemas. Namun, menurut International Whaling Commission, aksi membunuh 300.000 paus, lumba-lumba, dan lumba-lumba telah terjadi di setiap tahun.

3 dari 3 halaman

Populasi Plankton di Laut

Terkadang, bukan karena wilayah lautan yang tidak memiliki cukup oksigen terlarut untuk mendukung ikan hidup di laut.

Penyebab lain terjadi dari faktor populasi plankton mekar (algan bloom) yang banyak secara bersamaan setelah nutrisi yang cukup tersedia.

Jadi plankton menggunakan semua oksigen dalam waktu singkat sehingga menyebabkan ikan di daerah tersebut mati lemas.

"Lautan selalu bercampur, tetapi dengan cara yang aneh. Jadi air tidak selalu bisa mengisi oksigen dengan sangat cepat," tutupnya.

Menurut penelitian US Geological Survey, ketika suhu laut meningkat karena perubahan iklim. Maka air menjadi hangat dan tidak menahan oksigen terlarut sebanyak air dingin. Dengan begitu banyak hewan di laut yang mati akibat jumlah oksigen yang menurun.

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.