Pesona Patung Putri Diana Mempersatukan Pangeran William dan Harry

Oleh Hariz Barak pada 03 Jul 2021, 17:53 WIB
Diperbarui 03 Jul 2021, 17:53 WIB
Antusiasme Warga Inggris Lihat Patung Putri Diana
Perbesar
Pangeran William dan Pangeran Harry melihat patung Putri Diana di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris, Kamis (1/6/2021). Patung Putri Diana yang dipesan oleh Pangeran William dan Pangeran Harry resmi ditampilkan ke publik pada Kamis (1/6/2021) kemarin. (Dominic Lipinski/Pool Photo via

Liputan6.com, London - Patung Putri Diana yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya diresmikan dalam upacara pada 1 Juli 2021, oleh Pangeran William dan Pangeran Harry --mempersatukan mereka kembali sebagai bentuk penghormatan kepada ibu mereka, dan menyisihkan perbedaan yang dirumorkan terjadi di antara keduanya baru-baru ini.

Tepat di hari ulang tahun Putri Diana, kedua bersaudara itu meresmikan replika abadi ibu mereka, dan menandai pertemuan mereka yang pertama sejak Harry terbang dari California ke Inggris untuk menghadiri upacara pangeran Charles.

Pangeran William tiba beberapa menit setelah Harry dan keduanya menarik tali untuk mengungkap patung, yang terbuat dari perunggu. Patung itu menunjukkan Diana dikelilingi oleh tiga patung anak-anak, yang terletak di Sunken Garden di Istana Kensington, bekas rumah Diana di London.

Situasi COVID-19 membatasi mereka yang hadir dalam upacara peresmian itu. Termasuk kedua pangeran bersaudara, tamu lainnya antara lain saudara kandung Diana, komite patung, serta desainer.

Antusiasme Warga Inggris Lihat Patung Putri Diana
Perbesar
Seorang pria mengambil foto patung Diana di Taman Sunken di Istana Kensington, London, Jumat (1/6/2021). Patung tersebut diletakkan di area Kensington Palace yang dulunya menjadi rumah Putri Diana. (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Sepuh monarki, Ratu Elizabeth II dan mantan suami Diana, Pangeran Charles, tidak hadir.

William dan Harry tidak berpidato selama upacara. Dalam pernyataan bersama singkat, yang dirilis setelah pembukaan, mereka berkata: "Hari ini, tentang apa yang akan menjadi ulang tahun ke-60 ibu kami, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya - kualitas yang membuatnya menjadi kekuatan untuk kebaikan di seluruh dunia, mengubah kehidupan yang tak terhitung jumlahnya menjadi lebih baik."

"Setiap hari, kami berharap dia masih bersama kami, dan harapan kami adalah bahwa patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol hidupnya dan warisannya."

Pematung Ian Rank-Broadley memahat Diana dengan rambut pendek yang dipotong, khas Lady Di pada tahun-tahun kemudian dalam hidupnya.

Antusiasme Warga Inggris Lihat Patung Putri Diana
Perbesar
Anggota masyarakat melihat patung Dianam di Taman Sunken di Istana Kensington, London, Jumat (2/7/2021). Peresmian patung ini menandai ulang tahun ke-60 tahun Putri Diana. (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Istana Kensington mengatakan patung ini bertujuan untuk mencerminkan "kehangatan, keanggunan, dan energi" Diana, sementara tiga anak di sampingnya mewakili "dampak universalitas dan generasi dari pekerjaan sang putri".

Rank-Broadley mengatakan: "Diana, Putri Wales adalah ikon yang menyentuh kehidupan orang-orang di seluruh dunia sehingga telah menjadi hak istimewa untuk bekerja bersama Pangeran William dan Pangeran Harry di patung ini yang memperingati hidupnya.

"Kami ingin menangkap kehangatan dan kemanusiaannya sambil menunjukkan dampak yang dia miliki lintas generasi. Saya berharap bahwa orang-orang akan menikmati mengunjungi patung dan Taman Tenggelam, dan mengambil waktu sejenak untuk mengingat sang putri."

Di depan patung adalah batu paving yang diukir dengan ekstrak yang terinspirasi oleh puisi The Measure Of A Man: “These are the units to measure the worth of this woman as a woman regardless of birth. Not ‘What was her station?’ but ‘Had she a heart? How did she play her God-given part?”

Antusiasme Warga Inggris Lihat Patung Putri Diana
Perbesar
Pemandangan patung Diana, Princess of Wales, sehari setelah pembukaannya, di Sunken Garden di Istana Kensington, London, Jumat (2/7/2021). Pada patung tersebut, Putri Diana terlihat memakai rok berpinggang tinggi dan aksesoris sabuk berukuran besar. (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Rencana untuk patung ini pertama kali diumumkan pada tahun 2017, tepat pada dua dekade peringatan kematian Diana.

Rank-Broadley mengatakan William dan Harry telah membantu dengan foto- foto, kenangan dan anekdot tentang ibu mereka, yang ia gambar saat mereka mengunjungi studionya secara teratur. Menggambarkannya sebagai "upaya kolaboratif", dia mengatakan dia telah membayar "kepercayaan dari kedua pangeran dalam apa yang mereka katakan", dan dia berharap patung itu mungkin menyediakan beberapa "pelipur lara" bagi mereka.

Momen manis namun mengharukan itu datang di tengah hubungan yang bermasalah antara saudara-saudara sejak Harry memutuskan ke Amerika, di mana ia dan istrinya, Meghan, telah mengkritik keluarga kerajaan dan institusi, termasuk dengan klaim rasisme.

Antusiasme Warga Inggris Lihat Patung Putri Diana
Perbesar
Orang-orang mengantre untuk melihat patung Diana, Princess of Wales, sehari setelah pembukaannya, di Taman Sunken di Istana Kensington, London, Jumat (2/7/2021). (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Harry telah melakukan perjalanan dari rumahnya di California sementara Meghan tetap di AS bersama dua anak mereka, Archie (2), dan Lilibet yangbaru lahir , yang nama tengahnya, Diana, menghormati mendiang putri.

Orang-orang berkumpul di luar Istana Kensington, dengan penggemar Diana menyematkan bunga dan foto-foto ke gerbang.

Patung ini dapat dilihat oleh anggota masyarakat pada jam buka Istana Kensington.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya