Sukses

Top 3: Insiden Serius Korut hingga Jepang Perketat Aturan COVID-19 untuk RI Jadi Sorotan

Isu Korut yang tengah dilanda krisis akibat COVID-19 hingga Jepang perketat aturan untuk Indonesia dan Uganda akibat Virus Corona varian Delta jadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar dari Korea Utara (Korut) yang tengah dilanda insiden serius saat pandemi COVID-19 jadi sorotan di kanal Global Liputan6.com hari ini.

Dalam pernyataan yang dilaporkan oleh outlet berita negara KCNA, Kim Jong-un menuduh pejabat senior lalai pada pertemuan para pemimpin partai yang diadakan secara khusus.

Akibatnya, mereka "menyebabkan insiden serius yang telah menyebabkan risiko besar bagi orang-orang dan keselamatan bangsa", menurut komentarnya dalam bahasa Korea.

Selain itu, isu sejumlah peramal dunia tersohor seperti Mbak You juga tak kalah mencuri perhatian.

Berita lain yang jadi sorotan adalah pemerintah Jepang memberikan aturan khusus bagi pendatang dari Indonesia dan Uganda. Pendatang dari kedua negara itu harus menjalankan 14 hari isolasi, tetapi enam hari pertama harus dilakukan di fasilitas negara.

Menurut laporan Kyodo, aturan itu muncul demi mencegah penyebaran COVID-19 varian Delta yang sangat menular.

Selengkapnya dalam Top 3 Global edisi Jumat (2/7/2021):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Akui Bebas COVID-19, Kini Korea Utara Dilaporkan Alami Insiden Serius Lain

Dalam pernyataan yang dilaporkan oleh outlet berita negara KCNA, Kim menuduh pejabat senior lalai pada pertemuan para pemimpin partai yang diadakan secara khusus.

Akibatnya, mereka "menyebabkan insiden serius yang telah menyebabkan risiko besar bagi orang-orang dan keselamatan bangsa", menurut komentarnya dalam bahasa Korea.

Laporan itu kemudian menambahkan bahwa beberapa anggota partai telah ditarik kembali - termasuk satu anggota dari Komite Tetap yang berkuasa - yang terdiri dari lima anggota, termasuk Kim sendiri.

Namun, laporan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang insiden itu atau mengidentifikasi para pejabat. 

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

2. Ramai Soal Kabar Meninggal Mbak You, Ini 5 Peramal Paling Tersohor di Dunia

Ada sejumlah ramalan Mbak You yang sempat menarik perhatian warga Indonesia. Mbak You bukanlah satu-satunya sosok yang dinilai memiliki kemampuan seperti ini.

Sejumlah orang di beberapa negara ini juga dikenal karena kemampuan serupa. Bahkan, ada seorang peramal yang pernah memprediksi tsunami Aceh 2004 hingga kemenangan Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 peramal paling terkenal di dunia:

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

3. Jepang Perketat Aturan Bagi Warga RI dan Uganda Akibat COVID-19

Pemerintah Jepang memberikan aturan khusus bagi pendatang dari Indonesia dan Uganda. Pendatang dari kedua negara itu harus menjalankan 14 hari isolasi, tetapi enam hari pertama harus dilakukan di fasilitas negara.

Menurut laporan Kyodo, Kamis (1/7/2021), aturan itu muncul demi mencegah penyebaran COVID-19 varian Delta yang sangat menular.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah dianggap negara risiko tinggi oleh Korea Selatan. Bahkan, Hong Kong sudah memasukan Indonesia ke kategori terparah atau A1 akibat COVID-19.

Bagi pendatang dari negara lain ke Jepang hanya butuh beberapa hari karantina di fasilitas negara. Sebagai contoh Vietnam hanya butuh tiga hari setelah sebelumnya enam hari.

Pendatang dari Rusia juga hanya perlu berada di fasilitas karantina pemerintah selama tiga hari.

Berdasarkan data pemerintah Jepang, total kasus di negara itu mencapai 796 ribu. Kasus harian mencapai 1.811 per 30 Juni 2021. Jepang pun masih berkomitmen untuk melaksanakan Olimpiade Musim Panas 2021 di Tokyo.

Selengkapnya baca di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.