Sukses

BBC Sebut Indonesia Lockdown, PPKM Darurat Disorot Media Asing

Berikut ini PPKM Darurat Indonesia di mata media asing.

Liputan6.com, Jakarta - PPKM Darurat di Indonesia akan dimulai pada Sabtu 3 Juli 2021 besok. Kebijakan ini diambil seiring dengan meroketnya kasus harian COVID-19 hingga tembus 20 ribu kasus sehari.

Aturan juga akan lebih ketat: WFH akan 100 persen untuk sektor non-esensial, mall hingga tempat ibadah ditutup, dan sekolah kembali dilakukan secara online.

Media Inggris BBC, menyebut PPKM Darurat sebagai lockdown akibat lonjakan kasus. Indonesia juga ditulis memiliki penyebaran kasus terparah di Asia Tenggara dengan total 2,1 juta.

"Indonesia telah mengumumkan lockdown di pulau utama Jawa, serta di destinasi pariwisata Bali," tulis BBC dalam artikel Covid-19: Indonesia announces lockown in Java and Bali cases surge, dikutip Jumat (2/7/2021).

Namun, BBC mencatat peringatan para pakar bahwa kasus di Indonesia berpotensi lebih tinggi dari sebenernya akibat testing yang sangat tidak mumpuni di Jakarta.

Hal lain yang disorot adalah mudik. Banyak masyarakat disebut tidak mengikuti aturan travel tersebut. Nama Kudus juga disebut karena menjadi tempat varian Delta pertama kali dideteksi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Luhut

Channel News Asia juga turut mengabarkan secara detail mengenai aturan PPKM Darurat di Indonesia, seperti penutupan mal dan pelarangan makan di restoran.

CNA mengutip ucapan Menko Maritim Luhut Pandjaitan yang menjelaskan di televisi terkait lonjakan kasus COVID-19 yang mencapai 230 persen sejak akhir Mei.

Pernyataan Luhut dikuutip bahwa persiapan PPKM Darurat ini adalah yang paling maksimal.

Al Jazeera turut menyorot PPKM darurat sebagai "emergency curb." Ucapan Presiden Jokowi dikutip bahwasannya Indonesia butuh mengambil langkah yang lebih tegas untuk menyetop penyebaran COVID-19.

"Indonesia adalah negara Asia Tenggara yang terdampak paling parah dengan kasus baru mencapai 21 ribu tiap hari. Lonjakan ini telah membuat rumah sakit-rumah sakit kewalahan dan akibatnya ada kekurangan oksigen di ibu kota, Jakarta," tulis Al Jazeera dalam artikel Emergency curbs in Indonesia’s Java and Bali amid COVID surge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.