Sukses

Mantan Menhan AS Donald Rumsfeld Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Donald Rumsfeld, yang menjadi arsitek utama perang Irak, wafat dalam usia 88 tahun

Liputan6.com, New York - Donald Rumsfeld, mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang menjadi arsitek utama perang Irak, wafat dalam usia 88 tahun.

Dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (1/7/2021) Rumsfeld menjabat sebagai menteri pertahanan hingga Presiden George W. Bush menggantinya saat Amerika Serikat tidak membuat kemajuan di Irak setelah perang berjalan selama 3,5 tahun

Lelayu itu dikabarkan oleh keluarga Rumsfeld pada Rabu (30/6).

"Dengan kesedihan mendalam kami berbagi berita meninggalnya Donald Rumsfeld, seorang negarawan Amerika, seorang suami, ayah, kakek, dan kakek buyut," menurut pernyataan itu.

"Pada usia 88 tahun dia dikelilingi oleh keluarga di Kota Taos yang dicintainya di New Mexico, Amerika Serikat."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianggap Sosok Kuat

Pernyataan itu tidak mengatakan kapan Rumsfeld meninggal. Rumsfeld yang setara dengan Menhan Robert McNamara dari era perang Vietnam, adalah orang paling kuat yang memegang pos jabatan itu.

Dia memiliki kharisma dan juga omong besar dalam jabatannya di Pentagon, dan memproyeksikan pendekatan macho dari pemerintahan Bush dalam urusan dunia.

Ketika Rumsfeld berkuasa, pasukan AS secara cepat menggulingkan Presiden Irak Saddam Hussein, tetapi gagal menciptakan hukum dan ketertiban setelah itu.

Irak terjerumus dalam kekacauan yang disertai pemberontakan berdarah dan kekerasan di antara kelompok Suni dan Shiah. Pasukan AS bertahan di Irak sampai 2011, lama setelah dia meninggalkan jabatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.