Sukses

Akui Bebas COVID-19, Kini Korea Utara Dilaporkan Alami Insiden Serius Lain

Korea Utara melaporkan situasi serius lain usai mengklaim bahwa negaranya bebas COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kim Jong-un telah mencaci maki pejabat tinggi atas penyimpangan yang menyebabkan "insiden serius" terkait dengan COVID-19, lapor media pemerintah Korea Utara. Itu adalah tanda langka dari keparahan pandemi di Korea Utara, yang sebelumnya bersikeras tidak memiliki kasus COVID-19 - klaim yang diragukan oleh para ahli.

Melansir BBC, Kamis (1/7/2021), negara ini telah menutup perbatasannya untuk mencegah virus.

Tetapi ditambah dengan sanksi internasional, ini telah menyebabkan kekurangan pangan dan ekonomi yang memburuk.

Kim sebelumnya mengakui ada masalah krisis makanan dan mengatakan kepada warga untuk bersiap menghadapi hasil "terburuk", dengan membandingkan kelaparan mematikan tahun 1990-an di negara itu.

Awal pekan ini, televisi pemerintah menayangkan komentar langka dari seorang warga yang mengomentari penampilan Kim yang "kurus" setelah ia tampak kehilangan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Insiden Serius

Dalam pernyataan yang dilaporkan oleh outlet berita negara KCNA, Kim menuduh pejabat senior lalai pada pertemuan para pemimpin partai yang diadakan secara khusus.

Akibatnya, mereka "menyebabkan insiden serius yang telah menyebabkan risiko besar bagi orang-orang dan keselamatan bangsa", menurut komentarnya dalam bahasa Korea.

Laporan itu kemudian menambahkan bahwa beberapa anggota partai telah ditarik kembali - termasuk satu anggota dari Komite Tetap yang berkuasa - yang terdiri dari lima anggota, termasuk Kim sendiri.

Namun, laporan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang insiden itu atau mengidentifikasi para pejabat.

3 dari 3 halaman

Kondisi di Korut Kian Memburuk

Korea Utara telah memberlakukan pembatasan ketat dan media pemerintah terus mendesak warganya untuk waspada terhadap virus tersebut, bahkan memperingatkan mereka akhir tahun lalu untuk waspada terhadap "debu kuning" dari China . 

Tidak ada hubungan yang diketahui antara awan debu musiman dan Covid-19.

Perdagangan dengan China, sekutu utama Korea Utara, telah anjlok sejak negara itu menutup perbatasannya, dan beberapa makanan dan obat-obatan tidak dapat melewatinya.

Organisasi bantuan telah memperingatkan krisis pangan dan ekonomi yang serius. Laporan telah muncul dalam beberapa bulan terakhir dari melonjaknya harga pangan, serta kematian karena kelaparan dan peningkatan jumlah orang yang meminta makanan.

Laporan media pemerintah terbaru merupakan indikasi kondisi kesehatan yang "memburuk" di Korea Utara, kata Dr Leif-Eric Easley, profesor studi internasional di Ewha Womans University di Seoul.

"Tuan Kim kemungkinan akan mencari kambing hitam atas insiden itu, membersihkan pejabat yang tidak setia dan menyalahkan penyimpangan ideologis mereka," katanya.

"Ini mungkin memberikan pembenaran bagi Pyongyang untuk menuntut warganya lebih berjongkok, tetapi itu juga bisa menjadi persiapan politik untuk menerima vaksin dari luar negeri." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.