Sukses

Komedian Bill Cosby Bebas dari Penjara Usai Dituding Kasus Kekerasan Seksual

Komedian Bill Cosby akhirnya dibebaskan dari penjara usai menjalani hukuman atas kasus kekerasan seksual.

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan tertinggi Pennsylvania membatalkan dakwaan kekerasan seksual terhadap Bill Cosby dan membebaskannya dari penjara pada Rabu (30/6).  

Melansir AP, Kamis (1/7/2021), Cosby (83) menunjukkan tanda 'V' atas kemenangannya, ke sebuah helikopter saat ia berjalan dengan susah payah ke rumahnya di pinggiran kota Philadelphia.

Cosby telah menjalani hampir tiga tahun dari hukuman tiga hingga 10 tahun atas tudingan membius dan melakukan kekerasan terhadap administrator olahraga Universitas Temple, Andrea Constand pada tahun 2004.

Mantan bintang "Cosby Show" tidak berkomentar ketika dia tiba, dan hanya tersenyum dan mengangguk kemudian pada konferensi pers di luar, di mana pengacaranya Jennifer Bonjean berkata: "Kami senang agar Tuan Cosby pulang.”

"Dia menjalani tiga tahun hukuman yang tidak adil dan dia melakukannya dengan bermartabat dan prinsip," tambahnya.

Dalam sebuah pernyataan, Constand dan pengacaranya menyebut putusan itu mengecewakan, dan mereka, seperti banyak advokat lainnya, mengungkapkan ketakutannya bahwa hal itu dapat membuat korban kekerasan seksual enggan untuk melapor. 

“Kami mendesak semua korban untuk didengar suaranya,” tambah mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditangkap Tahun 2015

Cosby ditangkap pada tahun 2015, ketika seorang jaksa wilayah yang dipersenjatai dengan bukti yang baru dibuka, mengajukan tuntutan terhadapnya.

Tetapi Mahkamah Agung Pennsylvania mengatakan pada hari Rabu bahwa Jaksa Wilayah Kevin Steele, yang membuat keputusan untuk menangkap Cosby, berkewajiban untuk memenuhi janji pendahulunya untuk tidak menuntut Cosby, meskipun tidak ada bukti bahwa kesepakatan itu pernah dibuat secara tertulis.

Hakim David Wecht, yang menulis untuk pengadilan secara terpisah, mengatakan Cosby mengandalkan keputusan jaksa wilayah sebelumnya untuk tidak menuntutnya ketika komedian itu memberikan kesaksiannya yang berpotensi memberatkan dalam kasus perdata Constand.

Pengadilan menyebut penangkapan Cosby berikutnya sebagai "penghinaan terhadap keadilan mendasar, terutama ketika itu menghasilkan tuntutan pidana yang hilang selama lebih dari satu dekade." 

Para hakim mengatakan bahwa membatalkan hukuman dan melarang penuntutan lebih lanjut “adalah satu-satunya solusi yang sesuai dengan harapan wajar masyarakat terhadap jaksa terpilih dan sistem peradilan pidana kita.”

Cosby segera dibebaskan dari penjara negara bagian di pinggiran Montgomery County dan diperbolehkan pulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.