Sukses

Setahun UU Keamanan Nasional Hong Kong, Bagaimana Masyarakat Menjalani Kehidupan?

China bersikeras bahwa undang-undang itu diperlukan untuk membawa stabilitas Hong Kong, tetapi para kritikus mengatakan, itu melanggar prinsip "satu negara, dua sistem".

Liputan6.com, Hong Kong - Pada 30 Juni 2020, China memperkenalkan Undang-Undang Keamanan Nasional (NSL) di Hong Kong sebagai tanggapan atas protes besar-besaran pro-demokrasi yang melanda kota itu tahun sebelumnya.

Undang-undang yang kontroversial ini mengurangi otonomi peradilan Hong Kong dan membuatnya lebih mudah untuk menghukum para demonstran dan aktivis, demikian dikutip dari laman BBC, Rabu (30/6/2021).

Hal ini mengkriminalisasi pemisahan diri, subversi dan kolusi dan membawa hukuman maksimal penjara seumur hidup.

Sejak dijadikan undang-undang, lebih dari 100 orang -- termasuk pengunjuk rasa, politisi pro-demokrasi, dan jurnalis -- telah ditangkap berdasarkan ketentuannya.

Beijing bersikeras bahwa undang-undang itu diperlukan untuk membawa stabilitas ke kota itu, tetapi para kritikus mengatakan, itu melanggar prinsip "satu negara, dua sistem" di mana bekas jajahan Inggris ini dikembalikan ke China.

Namun, satu hal yang disetujui oleh banyak warga Hong Kong adalah pada tahun sejak undang-undang tersebut diberlakukan, kehidupan telah berubah secara mendasar.

Berikut adalah sejumlah pengakuan warga Hong Kong (nama asli disamarkan) satu tahun usai pemberlakuan UU kontroversi, demikian dikutip dari laman BBC:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

PNS yang Melarikan Diri

Sander (nama samaran) melepaskan pekerjaannya sebagai pegawai negeri yang sangat didambakannya untuk pindah ke Inggris, di bawah skema yang diperkenalkan sebagai tanggapan terhadap NSL.

Ini memungkinkan pemegang paspor Nasional Inggris (Luar Negeri), atau BNO, yang dikeluarkan untuk penduduk Hong Kong sebelum 1997 -- ketika Hong Kong diserahkan kembali ke China -- untuk mengajukan jenis visa khusus yang menempatkan mereka pada jalur cepat ke pemukiman dan kewarganegaraan.

Sander memutuskan pindah ke Manchester di bawah skema itu ketika ia memilih untuk mengundurkan diri, daripada mengambil sumpah yang akan mengharuskan semua pegawai negeri setia kepada pemerintah Hong Kong.

Dia mengatakan khawatir bahwa pegawai negeri harus melakukan tugas politik, yang bertentangan dengan hati nurani mereka untuk melayani pemerintah yang semakin otoriter.

"Undang-undang keamanan nasional untuk membersihkan semua orang yang tidak disukai Beijing, termasuk partai demokrat dan orang-orang Hong Kong yang tidak mendukung Partai Komunis China," katanya.

Sander bersyukur atas kesempatan untuk memulai hidup baru di Inggris, tetapi mengatakan ada tantangan dan kesulitan baru.

"Warga Hong Kong sering kesulitan mengajukan asuransi nasional dan SIM," katanya.

Kedua dokumen itu penting dalam mencari pekerjaan. Dia menghabiskan dua bulan mencari pekerjaan, tetapi tidak mendengar kabar dari siapa pun.

Sander mengatakan, dia merindukan Hong Kong, terutama makanan seperti mi brisket daging sapi. Tapi dia pesimis tentang masa depan politiknya dan bahkan tidak yakin dia akan pernah berkunjung kembali ke rumah aslinya.

 

3 dari 6 halaman

Pemilik Kafe Dukung Polisi

Bagi Kate Lee (nama disamarkan) -- seorang ibu tunggal yang memiliki kafe di desa nelayan Lei Yue Mun -- hukum telah mengubah banyak hal menjadi lebih baik.

Sebagai pendukung vokal polisi, setiap hari ia mengenakan kaus oblong biru bertuliskan slogan "Saya cinta polisi Hong Kong".

Dinding kafenya dipenuhi poster-poster pro-polisi dan foto-foto yang diambilnya bersama pejabat senior polisi.

Lee mengatakan, sikap pro-polisinya menyebabkan penurunan besar-besaran dalam bisnis selama protes pro-demokrasi 2019.

Polisi dituduh menggunakan kekuatan yang tidak proporsional terhadap pengunjuk rasa dan dipandang sebagai "pengkhianat" oleh gerakan pro-demokrasi.

"Pelanggan tetap saya mengatakan bahwa mereka tidak berani datang lagi karena mereka takut akan difilmkan. Suatu hari saya hanya menghasilkan HK$ 80 atau Rp 149 ribu. Sebelum protes, dia mengatakan kafenya biasanya menghasilkan sekitar HK$ 1.000 sehari atau Rp 1,8 juta.

Para pengunjuk rasa juga mengajukan banyak keluhan terhadap bisnisnya, yang berarti selama berhari-hari satu-satunya orang yang pergi ke sana adalah pejabat pemerintah yang menyelidiki keluhan terkait kebersihan makanan, keamanan dan bahkan kepatuhan pajak.

Situasi itu juga berdampak pada kehidupan keluarganya. Putranya, yang dibesarkannya sendirian sejak berusia empat tahun, mengatakan kepadanya bahwa dia tidak lagi mencintainya karena dia mendukung polisi.

"Saya tidak pernah begitu patah hati sebelumnya," katanya. "Bagaimana mungkin cinta yang lebih dari 20 tahun dihilangkan dalam beberapa bulan?"

Dia memuji undang-undang keamanan nasional dengan mengubah keadaan menjadi lebih baik, dengan mengatakan bahwa orang-orang muda yang memprotes telah dieksploitasi.

 

4 dari 6 halaman

Penyedia Makanan Gratis Bagi Narapidana Hong Kong

Jimmy Jungle sebuah toko online yang didirikan oleh empat orang menyediakan kebutuhan sehari-hari dan makanan ringan gratis untuk para pengunjuk rasa yang ditahan.

Pada awalnya, mereka melihat Jimmy Jungle sebagai sebuah usaha kecil pro-demokrasi yang muncul pada tahun 2019. Namun kemudian, mereka menyadari bahwa mereka sebenarnya dapat membuat kehidupan narapidana sedikit lebih baik.

Hong Kong memiliki persyaratan yang sangat spesifik tentang jenis makanan ringan dan barang-barang yang diperbolehkan oleh orang-orang dalam tahanan.

Misalnya, mereka hanya dapat memiliki delapan jenis makanan ringan. Merek dan ukuran juga ditentukan.

"Selama Tahun Baru Imlek 2020, saya mengunjungi keluarga seorang teman yang ditahan setelah mengikuti protes," kata seorang pendiri toko online bernama Michael (nama disamarkan).

"Orangtuanya memberi tahu saya betapa sulitnya membeli barang-barang itu."

"Camilan adalah kemewahan kecil yang bisa mereka nikmati di dalam tahanan," tambahnya.

"Saya tahu para napi membuat 'hidangan' yang berbeda-beda menggunakan jajanan dan makanan yang disediakan oleh pihak penjara. Ada sedikit kegembiraan bagi mereka untuk tidak makan makanan yang sama setiap hari."

Sebelum undang-undang keamanan nasional mulai berlaku, Jimmy Jungle menyediakan pasokan antara 40 dan 60 pengunjuk rasa yang ditangkap. Namun kini jumlahnya melonjak.

"Peluang untuk ditahan menjadi jauh lebih tinggi," kata Michael, menceritakan satu minggu di awal Maret ketika 47 aktivis ditahan.

"Minggu itu, kami harus bekerja tanpa henti untuk memastikan stok kami cukup."

 

5 dari 6 halaman

Guru Berhenti Bekerja

Mengajar adalah gairah Fung (nama disamarkan). Tapi dia ragu untuk melanjutkan.

"Undang-undang keamanan nasional telah menyebabkan efek mengerikan di masyarakat," katanya.

"Saya tidak tahu lagi apakah saya masih bisa menganalisis hal-hal kontroversial dengan siswa. Bagaimana saya bisa mengajar lagi?"

Isu politik tidak bisa dihindari dalam studi liberal, yang telah diajarkannya sejak 2009 ketika diperkenalkan sebagai mata pelajaran wajib bagi siswa senior.

Subjek mencakup topik mulai dari "Hong Kong hari ini" hingga "China modern".

"Studi liberal mencerminkan fakta sosial dari berbagai sudut," kata Fung.

"Ini membantu siswa mengembangkan pemikiran rasional sehingga mereka tidak membabi buta mengikuti orang lain. Itu kualitas yang berharga untuk Hong Kong."

 

6 dari 6 halaman

Pandangan Anggota Parlemen

Eunice Yung telah menjadi anggota parlemen sejak 2016. Baginya, undang-undang keamanan nasional telah menyebabkan "kekacauan" pada tahun 2019.

"Undang-undang itu sangat efektif. Ini memiliki efek jera karena penduduk tahu bahwa pelanggaran keamanan nasional itu serius, dan hukumannya akan berat."

Dia mengatakan bahwa undang-undang tersebut telah berhasil menghentikan orang untuk secara terbuka memprovokasi atau menyerang pemerintah pusat, tetapi menegaskan bahwa itu tidak membatasi kebebasan dalam arti apa pun.

Yung juga memuji reformasi pemilu yang diperkenalkan oleh Beijing yang memastikan bahwa hanya mereka yang setia kepada China daratan yang dapat dipilih menjadi anggota dewan legislatifnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.