Sukses

30 Juni 1908: Misteri Ledakan Dahsyat Terkait Asteroid di Siberia

Para ilmuwan masih menelusuri lebih lanjut terkait asteroid pada Peristiwa Tunguska.

Liputan6.com, Tunguska - Sebuah tragedi menimpa langit Siberia pada tanggal 30 Juni 1908. Saat itu terjadi ledakan yang sangat besar sampai meratakan area hutan seluas 2.150 kilometer persegi (830 mil persegi) atau setara dengan menebang sekitar 80 juta pohon.

Berdasarkan laporan dari saksi mata saat itu terdapat bola cahaya yang cemerlang jatuh, jendela pecah, dinding turap (dinding penahan tanah) hancur dan ledakan memekakkan telinga tidak jauh dari sungai setempat.

Ledakan ini dikenal sebagai Peristiwa Tunguska dan ditandai sebagai meteor yang meledak (bolide) berkekuatan hingga 30 megaton, pada ketinggian 10 hingga 15 kilometer (6,2 hingga 9,3 mil). Peristiwa Tunguska diingat sejarah sebagai "Peristiwa dengan Dampak Terbesar dalam Sejarah".

Meskipun tidak ada kawah bekas yang ditemukan. Pencarian selanjutnya berhasil menemukan pecahan batu yang mungkin berasal dari meteor. Namun hingga kini penyebab ledakan seringkali diperdebatkan dan belum diketahui pasti, demikian dikutip dari laman sciencealert, Rabu (30/6/2021).

Menurut penelitian yang diterbitkan bulanan oleh The Royal Astronomical Society, mengungkapkan asteroid besi besar yang memasuki atmosfer Bumi dengan ketinggian relatif rendah sebelum memantul kembali ke luar angkasa, yang menyebabkan timbulnya efek Tunguska. Peristiwa yang memberikan gelombang kejut sehingga menghancurkan lingkungan di sekitarnya.

"Kami telah mempelajari kondisi lintasan asteroid berdiameter 200, 100, dan 50 meter, yang terdiri dari tiga jenis material , yaitu besi, batu, dan air es, melintasi atmosfer bumi dengan ketinggian lintasan minimum pada kisaran 10 hingga 10 meter. 15 kilometer," tulis peneliti yang dipimpin oleh astronom Daniil Khrennikov dari Universitas Federal Siberia.

"Hasil yang diperoleh mendukung penelitian kami. Ini menjelaskan salah satu masalah lama astronomi yaitu fenomena Tunguska yang belum diketahui pasti. Namun, kami berpendapat bahwa peristiwa Tunguska disebabkan oleh benda asteroid besi, yang melewati atmosfer Bumi dan berlanjut ke orbit dekat-matahari."

Lalu, para peneliti secara matematis memodelkan bagian dari ketiga komposisi asteroid dengan ukuran berbeda untuk menentukan apakah peristiwa ledakan semacam itu mungkin saja terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diduga Meteorit

Sebuah hipotesis para peneliti Rusia pada 1970-an soal asteroid yang terdiri dari es dirasa cukup sederhana untuk tereliminasi dari daftar. Panas yang dihasilkan oleh kecepatan yang dibutuhkan untuk menjangkau lintasan, diperkirakan akan sepenuhnya melelehkan badan es sebelum mencapai jarak berdasarkan data pengamatan.

Asteroid berbatu juga lebih kecil kemungkinannya. Meteor diperkirakan meledak ketika udara memasuki tubuh melalui retakan kecil di meteor, menyebabkan penimbunan tekanan saat terbang di udara dengan kecepatan tinggi. Sedangkan asteroid besi jauh lebih tahan terhadap fragmentasi daripada yang berbatu.

Menurut perhitungan tim, penyebab yang paling mungkin adalah meteorit besi antara 100 dan 200 meter (320 hingga 650 kaki) dengan kecepatan terbang 3.000 kilometer (1.800 mil) melalui atmosfer. Itu tidak akan pernah turun di bawah 11,2 kilometer per detik (7 mps), atau di bawah ketinggian 11 kilometer.

Model ini akan menjelaskan beberapa karakteristik peristiwa Tunguska. Salah satunya kurangnya dampak kawah karena meteor akan meluncur melewati pusat ledakan tanpa jatuh.

Kurangnya puing-puing besi juga dijelaskan oleh kecepatan tinggi ini, karena objek akan bergerak terlalu cepat, dan akan terlalu panas untuk jatuh.

3 dari 3 halaman

Hasil Penelitian Masih Minim Informasi

Para peneliti mengatakan setiap massa yang hilang akan melalui sublimasi atom besi individu, yang akan terlihat persis seperti oksida terestrial normal.

"Dalam versi ini, para peneliti juga mencatat bahwa kita dapat menjelaskan efek optik yang terkait dengan debu yang kuat dari lapisan atmosfer yang tinggi di atas Eropa, yang menyebabkan cahaya terang di langit malam," tulisnya.

Meskipun hasilnya sangat meyakinkan, para peneliti mencatat bahwa hasil penelitian mereka memiliki beberapa keterbatasan. Mereka pun berharap dapat menyelesaikan dengan penelitian di masa depan.

Pertama, mereka "tidak berurusan dengan masalah pembentukan gelombang kejut", meskipun perbandingan awal mereka dengan meteorit Chelyabinsk memungkinkan gelombang kejut besar terjadi di Tunguska.

Namun demikian, gagasan tentang asteroid besi yang menghantam atmosfer Bumi tentu saja menarik sebagai penyebab dari peristiwa Tunguska.

 

Reporter: Bunga Ruth

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.