Disangka Joget, Ternyata Astronot Ini Lagi Mandi Bersihkan Diri dari Nitrogen

Oleh Liputan6.com pada 29 Jun 2021, 19:10 WIB
Diperbarui 29 Jun 2021, 19:10 WIB
Astronot
Perbesar
Ilustrasi Astronot Bermain Game (sumber: pixabay)

Liputan6.com, New York City - Thomas Pesquet dari European Space Agency (ESA) dan Shane Kimbrough dari NASA melakukan perjalanan ke ruang angkasa (spacewalk) terbaru mereka di International Space Station (ISS) pada Jumat (25/06/2021).

Mereka disana untuk menginstalasi kedua dari enam susunan surya baru, sebagai bagian dari pekerjaan berkelanjutan untuk meningkatkan daya stasiun di International Space Station.

Sebagaimana dilansir dari Digital Trends pada Selasa (29/06/2021). Sebelum mereka meninggalkan ISS, Pesquet dan Kimbrough mencuri perhatian netizen dari video Twitter yang dibagikannya saat berada di stasiun ruang angkasa. Tampak mereka melakukan sedikit tarian saat mengenakan pakaian angkasawan (space suit).

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gerakan Tarian untuk Membersihkan Nitrogen

Ilustrasi astronot, ruang angkasa
Perbesar
Ilustrasi astronot, ruang angkasa. (Photo by Niketh Vellanki on Unsplash)

Dalam sebuah unggahan Facebook pada hari Jumat, Pesquet bercanda menggambarkan urutan sebagai "tarian spacewalk" sebelum menawarkan penjelasan yang lebih lengkap tentang boogie singkat.

"Kami tidak benar-benar menari tetapi membersihkan tubuh kami dari nitrogen," terang astronot asal Prancis itu.

"Kami menghirup oksigen murni dan perlahan semua nitrogen dalam tubuh kami digantikan oleh oksigen, yang lebih aman saat berpindah dari tekanan tinggi (Stasiun Luar Angkasa) ke tekanan rendah (baju antariksa)."

"Olahraga ringan membuat kita menghirup lebih banyak oksigen dan membuang nitrogen lebih cepat. Juga, menari itu menyenangkan," jelasnya.

Menguraikan prosedur, NASA menjelaskan di pada laman resminnya bahwa astronot naik ke pakaian antariksa mereka beberapa jam sebelum perjalanan ruang angkasa dimulai. Dengan pakaian yang diberi tekanan dan diisi dengan oksigen murni.

Dalam pakaian antariksa mereka, para astronot menghirup oksigen untuk membersihkan tubuh mereka dari nitrogen yang dapat menyebabkan pembentukan gelembung gas dalam aliran darah dan jaringan mereka ketika mereka keluar dari pos yang mengorbit.

“Gelembung gas ini dapat menyebabkan astronot merasakan sakit di bahu, siku, pergelangan tangan, dan lutut mereka. Rasa sakit ini disebut 'menekuk' karena mempengaruhi tempat tubuh membungkuk. Penyelam scuba juga bisa mendapatkan tikungan," kata NASA.

Cara alternatif bagi astronot untuk mengeluarkan nitrogen adalah dengan menghabiskan waktu di salah satu pintu udara stasiun ruang angkasa, kompartemen yang terletak di antara bagian utama ISS dan ruang angkasa.

Tekanan kabin kemudian dikurangi di airlock. Memungkinkan astronot dengan aman membersihkan tubuh mereka dari nitrogen sebelum keluar dari stasiun.

 

Reporter: Bunga Ruth

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya