Sukses

Warga Korea Utara Menangis Lihat Kim Jong-un Tampak Kurus

Reaksi ini muncul beberapa hari setelah penampilan Kim Jong-un di televisi pemerintah setelah berbulan-bulan absen dari mata publik

Liputan6.com, Pyongyang - Warga Korea Utara dikabarkan tengah patah hati atas turunnya berat badan yang tiba-tiba dari sang pemimpin, Kim Jong-un. Reaksi ini muncul beberapa hari setelah penampilan Kim Jong-un di televisi pemerintah setelah berbulan-bulan absen dari mata publik.

"Melihat Kim Jong-un tampak kurus sangat menghancurkan hati rakyat kami," kata seorang warga negara Korea Utara, dikutip dari laman hindustantimes, Senin (28/6/2021).

"Semua orang mengatakan bahwa air mata mereka mengalir," tambahnya.

Laporan penurunan berat badan Kim mulai beredar setelah rekaman warga Korea Utara menonton klip rapat pleno Komite Sentral Partai Buruh Korea yang diadakan pada 17 Juni.

Analis Korea Utara yang mempelajari rekaman itu dengan cermat dan mengatakan Kim Jong-un tampaknya telah kehilangan berat badan karena tali jam tangannya tampak lebih kencang dan wajahnya terlihat jauh lebih kurus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turun Berat Badan

Pria berusia 37 tahun itu telah kehilangan sebanyak 10-20 kilogram, lapor Associated Press.

Kim, yang menyukai minuman keras dan merokok, berasal dari keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

Baik ayah dan kakeknya yang memerintah Korea Utara sebelumnya dia menyerah pada masalah jantung.

Spekulasi tentang kesehatannya telah tersebar luas sejak dia menghilang dari mata publik tahun lalu, dan membuat saudara perempuannya Kim Yo-jong digadang-gadang akan mengambil alih kepemimpinan.

Yo-jong kala itu diyakini sebagai penerus kakaknya.

3 dari 3 halaman

Infografis Korea Utara Dikepung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.