Sukses

COVID-19 Varian Delta Melonjak, Sydney Australia Lockdown hingga 2 Juli 2021

Sydney akan memberlakukan lockdown hingga 2 Juli mendatang.

Liputan6.com, Sydney - Bagian dari pinggiran tengah dan timur Sydney, termasuk Pantai Bondi, Australia, memberlakukan lockdown setelah adanya lonjakan kasus COVID-19.

Sydney, kini sedang berjuang untuk menahan wabah varian Delta yang sangat menular.

Pejabat setempat melaporkan 17 kasus baru pada Jumat (25/6/2021), menjadikan klaster infeksi di kota itu sebanyak 65 kasus.

Ini adalah lockdown pertama di kota terbesar Australia - rumah bagi 5,3 juta orang - pada 2021.

Lockdown ini juga akan mempengaruhi pusat kota, pinggiran kota, serta pinggiran pantai di timur.

Mulai Sabtu 26 Juni, warga yang tinggal atau bekerja di wilayah tersebut harus tetap berada di rumah kecuali untuk keperluan penting.

Lockdown di Sydney akan diberlakukan hingga 2 Juli mendatang.

"Kami memahami ini adalah waktu yang sulit bagi semua orang, namun kami perlu mengambil langkah-langkah ini sekarang untuk mengatasi wabah ini," kata pemerintah New South Wales, seperti dilansir laman BBC.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sydney Melihat Peningkatan Signifikan dalam Kasus COVID-19

Wabah COVID-19 di Sydney saat ini menandai peningkatan paling signifikan dalam penularan Virus Corona sejak Desember 2020.

Hampir sepanjang tahun, penduduk setempat kota itu hampir tidak melihat pembatasan dalam kehidupan sehari-hari.

Klaster infeksi di Sydney muncul hanya sepekan lalu di kawasan Pantai Bondi, tetapi sejak itu menyebar ke pusat kota dan ke pinggiran barat.

Kasus batu COVID-19 itu diketahui terkait dengan seorang pengemudi yang mengangkut kedatangan internasional dari bandara.

Australia telah memberlakukan penutupan perbatasan dan karantina yang ketat sejak Maret 2020, untuk mencegah virus keluar dari negara itu.

Namun, jenis virus yang lebih menular di udara - seperti varian Delta dan Alpha - semakin mempengaruhi pertahanan sistem karantina, yang sebagian besar kehabisan tempat di hotal-hotel di ibu kota negara bagian.

Sejak November 2021, lebih dari delapan langkah lockdown telah terjadi di berbagai ibu kota negara bagian di seluruh Australia termasuk Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide.

Wabah terbaru juga memicu kritik atas lambatnya peluncuran vaksinasi di Australia - tanggung jawab pemerintah federal.

Sejauh ini, hanya 3% dari populasi orang dewasa di Australia yang telah divaksinasi COVID-19 lengkap dan sekitar 25% warga Australia telah menerima dosis pertama.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala COVID-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.