Sukses

Apartemen 12 Lantai di Miami Runtuh, 99 Orang Masih Dinyatakan Hilang

Gedung apartemen setinggi 12 lantai di Miami runtuh hingga mengakibatkan 99 orang dinyatakan hilang dan satu orang meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Runtuhnya gedung apartemen setinggi 12 lantai di wilayah utara Miami, Florida mengakibatkan satu orang tewas dan puluhan lainnya masih dinyatakan hilang. 

Mengutip BBC, Jumat (25/6/2021), jumlah orang yang telah ditemukan sekarang mencapai 102, sementara 99 masih belum ditemukan, menurut Walikota Miami-Dade Danielle Levine-Cava.

Tidak jelas berapa banyak orang yang berada di gedung itu pada saat itu.

Hingga saat ini, penyebab keruntuhan yang mempengaruhi sekitar setengah dari 130 unit di kompleks, masih belum jelas.

Bangunan tersebut dibangun pada tahun 1980.

Sejumlah migran Amerika Latin dilaporkan hilang oleh konsulat mereka. Kerabat ibu negara Paraguay juga termasuk di antara yang hilang, kata pejabat Paraguay. 

Selain itu di antara yang hilang, tim penyelamat tidak dapat menghubungi saudara perempuan dan ipar ibu negara Silvana López Moreira, bersama dengan tiga anak mereka dan seorang pekerja rumah tangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Penyelamatan

Tim penyelamat berhasil menarik 35 orang dari reruntuhan, kata para pejabat. Sepuluh orang diperiksa dan dirawat, dua di antaranya dikirim ke rumah sakit.

Tim pencarian dan penyelamatan bekerja dari garasi parkir di bawah reruntuhan saat mereka menjelajahi puing-puing untuk mencari korban selamat.

Kebakaran kecil juga sempat terjadi selama pencarian tetapi padam dalam waktu 20 menit, kata kepala pemadam kebakaran Miami-Dade Raide Jadallah.

Dia mengatakan mereka telah menggunakan sonar dan kamera pencari serta anjing yang terlatih secara khusus, tetapi itu adalah proses yang "lambat dan metodis" karena risiko pergeseran puing-puing.

"Bagian belakang gedung, mungkin sepertiga atau lebih, benar-benar tertutup," kata Wali Kota Surfside Charles Burkett dalam konferensi pers. 

Gubernur Florida Ron DeSantis, yang mengunjungi lokasi itu pada Kamis sore, mengatakan layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan masih dalam "mode pencarian dan penyelamatan".

Presiden Joe Biden mengatakan dia sedang menunggu Ron DeSantis, selaku Gubernur Florida mengumumkan keadaan darurat dan pejabat dari Badan Manajemen Darurat Federal (Fema) sudah berada di tempat kejadian.

"Saya katakan kepada orang-orang Florida, bantuan apa pun yang Anda inginkan, apa yang dapat diberikan oleh pemerintah federal, kami menunggu, tanyakan saja kepada kami. Kami akan ada di sana," kata Biden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.