Sukses

India Laporkan Kasus Virus Corona COVID-19 Varian Delta Plus

India melaporkan kasus Virus Corona varian Delta Plus.

Liputan6.com, New Delhi - India pada Selasa 22 Juni 2021 menyatakan varian Virus Corona COVID-19 baru menjadi perhatian, dan mengatakan hampir dua lusin kasus telah terdeteksi di tiga negara bagian.

Varian, yang diidentifikasi secara lokal sebagai "Delta plus", ditemukan dalam 16 kasus di negara bagian Maharashtra, kata Sekretaris Kesehatan Federal Rajesh Bhushan pada konferensi pers, seperti mengutip Channel News Asia, Rabu (23/6/2021). 

Kementerian tersebut mengatakan varian Delta plus menunjukkan peningkatan penularan dan menyarankan negara bagian untuk meningkatkan pengujian.

Sebelumnya pada hari Senin, India melakukan vaksinasi COVID-19 rekor 8,6 juta orang karena mulai menawarkan vaksin gratis untuk semua orang dewasa, tetapi para ahli meragukan pemerintah bisa mempertahankan kecepatan itu.

"Ini jelas tidak berkelanjutan," Chandrakant Lahariya, pakar kebijakan publik dan sistem kesehatan, mengatakan kepada Reuters.

"Dengan vaksinasi satu hari seperti itu, banyak negara bagian telah mengkonsumsi sebagian besar stok vaksin mereka saat ini, yang akan mempengaruhi vaksinasi dalam beberapa hari ke depan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Vaksinasi Masih Kurang

Dengan pasokan vaksin COVID-19 yang diproyeksikan saat ini untuk beberapa bulan ke depan, tingkat harian maksimum yang dapat dicapai adalah 4 hingga 5 juta dosis, tambah Lahariya.

Upaya tersebut sejauh ini telah mencakup sekitar 5,5 persen dari 950 juta orang yang memenuhi syarat, meskipun India adalah produsen vaksin terbesar di dunia.

Gelombang kedua selama bulan April dan Mei telah membanjiri layanan kesehatan hingga menewaskan ratusan ribu orang. Gambar-gambar api pemakaman yang berkobar di tempat parkir menimbulkan pertanyaan tentang peluncuran vaksin yang kacau balau.

Sejak Mei, vaksinasi COVID-19rata-rata kurang dari 3 juta dosis sehari, jauh lebih sedikit dari 10 juta dosis yang dikatakan pejabat kesehatan sangat penting untuk melindungi jutaan orang yang rentan terhadap lonjakan baru.

3 dari 3 halaman

Infografis Covid-19 Varian Delta India Hantui Indonesia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.