Sukses

Positif COVID-19, Delegasi Indonesia di G20 Italia dalam Kondisi Baik

KBRI Roma mengkonfirmasi adanya delegasi Indonesia di Italia yang dites positif COVID-19, dan berada dalam kondisi baik.

Liputan6.com, Jakarta - KBRI Roma mengonfirmasi adanya delegasi Indonesia di Italia yang dinyatakan positif COVID-19. Delegasi tersebut sebelumnya dites negatif COVID-19 saat berangkat dari Jakarta, untuk menghadiri pertemuan G20 di kota Catania, Propinsi Sicilia, Italia, yaitu G20 Education Ministers Meeting, G20 Employment Ministers’ Meeting serta G20 Joint Meeting of Ministers Education and Ministers of Labour and Employment.

"Terdapat dua delegasi Indonesia dari Jakarta yang menghadiri rangkaian pertemuan G20 di kota Catania, Propinsi Sicilia, Italia, pada 22-23 Juni 2021," kata KBRI Roma dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (23/6/2021).

"Masing-masing delegasi Indonesia tiba di Catania secara terpisah dan setibanya di Catania telah menjalani rapid test (antigen) COVID-19," terang KBRI Roma.

Dari hasil rapid test tersebut, salah seorang dari delegasi Indonesia terindikasi positif COVID-19, sementara lainnya dites negatif.

Kemudian, delegasi Indonesia itu menjalani tes molekuler (swab test) pada Senin 21 Juni dan mendapati hasil positif COVID-19 pada malamnya.

Selain dua delegasi Indonesia untuk pertemuan G20, ASP (Azienda Sanitaria Provincia/Dinas Kesehatan Propinsi) Catania pada Selasa 22 Juni juga melakukan swab test kepada enam delegasi Indonesia (3 delegasi dari Jakarta dan 3 delegasi KBRI Roma) yang termasuk dalam kontak dekat. 

Hasil swab test untuk keenam orang tersebut menunjukkan negatif COVID-19, kata KBRI Roma.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalani Pemeriksaan

Delegasi Indonesia yang positif COVID-19 juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan dengan dokter di Italia.

"Dokter Italia telah melakukan pemeriksaan  kesehatan terhadap delegasi Indonesia yang positif COVID-19 tersebut, dan menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi baik dan stabil," kata KBRI Roma.

Delegasi tersebut juga diminta tetap melakukan isolasi mandiri di hotel tempat tinggal selama 10 hari, dan swab test kedua akan dilakukan pada hari ke-11 isolasi mandiri.

"Terkait dengan hal ini, KBRI Roma telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, memberikan bantuan serta pendampingan, dan tetap memantau perkembangan yang ada," jelas KBRI Roma.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Aman Hindari COVID-19 Saat Harus Mengantre

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.