Sukses

Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi Ogah Bertemu Joe Biden

Ebrahim Raisi ingin AS mencabut sanksi terhadap Iran, tetapi ia tak mau bertemu Presiden Joe Biden.

Liputan6.com, Tehran - Presiden terpilih Iran, Ebrahim Raisi, tidak berminat untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Namun, ia menuntut agar sanksi AS dicabut.

"Amerika Serikat bertanggung jawab untuk mencabut semua sanksi-sanksi opresif terhadap Iran," ujar Rasisi saat konferensi pers seperti dilaporkan AP News, Senin (21/6/2021).

Raisi hanya menjawab singkat ketika ditanya apakah berminat bertemu Biden.

"Tidak," jawabnya.

Rival Raisi saat pilpres, Abdolnasser Hemmati, sempat membuka peluang saat kampanye untuk bertemu Presiden Joe Biden.

Ebrahim Raisi merupakan sosok yang disanksi AS. Sebagai pejabat yudisial, ia terlibat dalam eksekusi massal di 1998. Totalnya, ada sekitar 5.000 orang yang dihukum mati.

Sementara, Abdolnasser Hemmati adalah mantan Gubernur Bank adalah seorang ekonomi dan politikus yang pernah menjadi gubernur Bank Sentral Iran pada 2018-2021. Ia dinilai sosok yang lebih moderat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rakyat Tak Iran Tak Berminat

AP News melaporkan bahwa Raisi terlihat gugup pada awal konferensi pers, tetapi lama-lama ia mulai merasa rileks dalam menghadapi wartawan selama satu jam.

Salah satu yang dibahas Raisi adalah masalah program misil balistik Iran serta dukungan terhadap milisi regional. Ia menyebut isu tersebut tak bisa diganggu gugat.

Iran mengandalkan milisi Houthi dan Hezbollah untuk menghadapi lawan seperti Arab Saudi dan Israel.

Meski menang, pilpres Iran 2021 ternyata sepi. Golput di pilpres ini adalah yang terendah dalam sejarah Iran. Ada pula 3,7 juta suara yang tidak sah, entah disengaja atau tidak.

Secara keseluruhan, Raisi menang 17,9 juta suara dari total 28,9 juta suara sah yang masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.