Potret Viral Rakyat Vietnam Tertib Saat Antre Tes COVID-19 Malam Hari

Oleh Tommy Kurnia pada 21 Jun 2021, 18:55 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 18:55 WIB
Tertibnya warga Vietnam dalam ikut tes COVID-19.
Perbesar
Tertibnya warga Vietnam dalam ikut tes COVID-19. Dok: Twitter Khang Vu @KhangXVu

Liputan6.com, Hanoi - Foto dari Vietnam viral di Twitter ketika menampilkan warga yang mengantre secara tertib untuk tes COVID-19 pada malam hari. Kondisi ini berbeda dari negara lain yang berdesak-desakan ketika tes atau bahkan vaksinasi. 

Situasi di Vietnam itu dibagikan netizen bernama Khang Vu yang merupakan mahasiswa PhD di Boston College. Ia mempelajari keamanan Asia Timur, serta memantau dinamika di Korea dan Vietnam.

"Sebuah tempat testing massal di hotspot COVID di Vietnam pada malam hari," ujarnya seperti dikutip Senin (21/6/2021).

Saat ini, Vietnam memang sedang melaksanakan tes COVID-19 skala besar sejak tiga minggu terakhir. Ini dilakukan akibat penyebaran varian baru COVID-19

Yahoo!news melaporkan bahwa Vietnam mencoba melakukan tes hingga 100 ribu orang per harinya. Fokus tes dilakukan bagi kelompok risiko tinggi. Protokol kesehatan juga kembali diperketat.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Vietnam Buka Penerbangan Internasional

Suasana Perayaan Waisak di Beberapa Negara
Perbesar
Umat Buddha berdoa di luar pagoda Cau Dong saat perayaan Hari Waisak di Hanoi, Vietnam pada Rabu (26/5/2021). Tempat ibadah di kawasan tersebut ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. (Nhac NGUYEN / AFP)

Vietnam melanjutkan penerbangan internasional yang masuk ke Ibu Kota Hanoi dan pusat bisnis Kota Ho Chi Minh dengan segera secara efektif. Langkah itu diumumkan otoritas penerbangan Vietnam pada Rabu 2 Juni 2021, seperti dikutip dari laporan Channel News Asia, Rabu 2 Juni.

Berlanjutnya penerbangan internasional itu diputuskan setelah beberapa hari ditangguhkan karena kenaikan dalam kasus COVID-19.

Vietnam awalnya melarang penerbangan internasional masuk ke bandara Noi Bai Hanoi selama sepekan mulai Senin 1 Juni dan ke bandara Tan Son Nhat di Kota Ho Chi Minh hingga 14 Juni.

Otoritas penerbangan Vietnam tidak mengungkap alasan dilanjutkannya penerbangan lebih awal dari yang direncanakan, tetapi sebagian besar kasus COVID-19 di negara itu saat ini merupakan infeksi lokal - bukan dari pelancong internasional. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis COVID-19:

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓