Sukses

Kasus COVID-19 Menurun, Kondisi Estonia Berangsur Normal

Kabar gembira bagi Estonia, kasus COVID-19 mereda dan kehidupan berangsur normal.

Liputan6.com, Tallinn - Larangan dan berbagai peraturan terkait pandemi COVID-19 di Estonia kini sudah mulai renggang. Bahkan sudah ada mal yang tidak mewajibkan pengunjung memakai masker.

Berdasarkan informasi dari koresponden Liputan6.com di Estonia, Aditya Iqbal di Tallinn, Senin (21/06/2021), pemerintah setempat melonggarkan peraturan tidak memakai masker karena bertepatan di musim panas dan kasus COVID-19 menurun.

Estonia juga secara bertahap membuka perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan. Kondisi di sana terbilang hampir normal. Lantaran para pegawai masih melakukan pekerjaan secara hybrid- campuran daring (WFH) dan luring (WFO).

Terkait dengan peraturan warga negara asing yang hendak berkunjung ke Estonia. Mereka wajib menyertakan Visa Schengen. Jika memiliki maka diperkenankan masuk ke negara seluas 45227 kilometer persegi tersebut.

Meskipun begitu, pemerintah tetap menyaring asal negara para pendatang. Maksudnya, mereka akan melihat kondisi kasus COVID-19 negara asal turis apakah parah atau tidak?

Seperti negara-negara yang wajib karantina, yaitu Denmark dan Latvia. Negara lainnya juga diwajibkan untuk karantina selama 10 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tracking, Tracing dan Testing Jadi Kunci Utama

Tak lupa Iqbal turut mengungkapkan beberapa kunci kesuksesan dari Estonia yang berhasil meredakan pandemi untuk sementara waktu.

"Yang membuat kunci sukses karena program tracking tracing testing-nya termasuk bagus disini nih. Cukup mudah kalau misalnya kita merasa ada gejala Covid. Kita cukup bikin appointment online. Untuk testing gratis semuanya," terangnnya dalam Liputan 6 Update.

Selain itu, faktor peraturan perbatasan di jalur udara, darat, laut dan kebijakan lainnya soal pandemi terbilang lumayan ketat saat awal musim panas. Alhasil, Estonia bisa mengimbangi angka kasus Covid-19 yang menurun dan vaksin yang semakin gencar dikiatkan.

Vaksin tidak hanya diperuntukkan bagi warga negara Estonia saja tetapi juga warga negara asing.

Iqbal mengatakan cara pendaftaran vaksin cukup mudah. Masyarakat dapat mengakses website digital public health Estonia. Lalu booking appointment online.

Pemerintah setempat tidak menyediakan kartu vaksin. Jadi, Anda bisa langsung download data dan ada QR Code. Ketika divaksin Anda cukup menunjukkan identitas dari data yang diunduh. Anda tidap perlu mencetak cukup dari smartphone saja.

 

Reporter: Bunga Ruth

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.