Sukses

PBB: Kebakaran Kapal Sri Lanka Picu Kerusakan Signifikan pada Planet

Perwakilan PBB di Sri Lanka mengatakan tenggelamnya kapal kontainer yang terbakar saat mengangkut bahan kimia dari ibukota Kolombo telah menyebabkan "kerusakan signifikan pada planet ini".

Liputan6.com, Kolombo - Perwakilan PBB di Sri Lanka mengatakan tenggelamnya kapal kontainer yang terbakar saat mengangkut bahan kimia dari ibukota Kolombo telah menyebabkan "kerusakan signifikan pada planet ini" dengan melepaskan zat berbahaya ke dalam ekosistem.

Kapal X-Press Pearl berbendera Singapura tenggelam pada Kamis 17 Juni 2021, sebulan setelah terbakar, menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan bencana lingkungan.

PBB mengatakan sedang mengkoordinasikan upaya internasional dan membantu Sri Lanka dalam menilai kerusakan, upaya pemulihan dan mencegah bencana tersebut di masa depan.

"Keadaan darurat lingkungan alam ini menyebabkan kerusakan signifikan pada planet ini dengan melepaskan zat berbahaya ke dalam ekosistem," kata koordinator penduduk PBB di Sri Lanka Hanaa Singer-Hamdy dalam sebuah pernyataan akhir Sabtu 19 Juni 2021, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (20/6/2021).

"Ini pada gilirannya mengancam kehidupan dan mata pencaharian penduduk di daerah pesisir."

Tim tumpahan minyak dan pakar kimia PBB - yang disediakan oleh Uni Eropa - telah dikirim ke Sri Lanka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengajukan Klaim

Sri Lanka telah mengajukan klaim sementara sebesar US$ 40 juta kepada X-Press Feeders untuk menutupi sebagian biaya memerangi kebakaran, yang pecah pada 20 Mei ketika kapal itu berlabuh sekitar 18km barat laut Kolombo dan menunggu untuk memasuki pelabuhan.

Angkatan laut Sri Lanka percaya kobaran api disebabkan oleh kargo kimianya, yang mencakup 25 ton asam nitrat dan bahan kimia lainnya, yang sebagian besar dihancurkan dalam api. Tetapi puing-puing termasuk fibreglass yang terbakar dan berton-ton pelet plastik telah mencemari pantai-pantai terdekat.

Sebuah manifes kapal yang dilihat oleh Associated Press mengatakan kapal itu membawa muatan di bawah 1.500 kontainer, dengan 81 di antaranya digambarkan sebagai barang "berbahaya".

Perhatian utama adalah sekitar 300 ton minyak bunker yang digunakan sebagai bahan bakar untuk kapal. Tapi para pejabat telah mengatakan itu bisa terbakar dalam api.

Baik otoritas Sri Lanka dan operator kapal, X-Press Feeders, sejauh ini mengatakan tidak ada tanda-tanda tumpahan minyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.