Sukses

Ebrahim Raisi Terpilih Jadi Presiden Baru Iran dengan Kemenangan Telak

Ebrahim Raisi telah menang pemilu presiden Iran dengan hampir 18 juta dari 28,9 juta suara yang diberikan dalam pemungutan suara sehari sebelumnya. Ia unggul telak!

Liputan6.com, Teheran - Ebrahim Raisi terpilih jadi presiden baru Iran dengan kemenangan telak. Kepala peradilan ultrakonservatif negeri itu mengungguli pemungutan suara yang banyak orang Iran lewati, dan melihatnya sebagai kecurangan yang justru menguntungkannya.

Kementerian Dalam Negeri Iran seperti dikutip dari NY Post, mengumumkan hasil akhir pada Sabtu (19/6/2021), dengan mengatakan bahwa Raisi telah menang dengan hampir 18 juta dari 28,9 juta suara yang diberikan dalam pemungutan suara sehari sebelumnya. Jumlah pemilih adalah 48,8 persen – penurunan yang signifikan dari pemilihan presiden terakhir, pada tahun 2017.

"Dua kandidat saingan telah kebobolan beberapa jam sebelumnya, dan Presiden Hassan Rouhani mengucapkan selamat kepada Raisi atas kemenangannya," kantor berita semi resmi Mehr melaporkan.

Sejumlah besar orang Iran yang moderat dan liberal tidak ikut dalam pemilihan, mengatakan bahwa kampanye telah direkayasa untuk menempatkan Raisi sebagai pemimpin atau bahwa pemungutan suara akan membuat sedikit perbedaan. Dia memang sudah sejak awal diperkirakan menang dengan mudah meskipun ada upaya akhir oleh kubu reformis yang lebih moderat untuk mengkonsolidasikan dukungan di belakang kandidat utama mereka - Abdolnasser Hemmati, mantan gubernur bank sentral.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan Hemmati berada di urutan ketiga dengan sekitar 2,4 juta suara, setelah peringkat kedua, Mohsen Rezaee, mantan panglima tertinggi Korps Pengawal Revolusi Iran yang memenangkan sekitar 3,4 juta suara.

Ada juga sekitar 3,7 juta surat suara "putih", atau surat suara yang diberikan tanpa nama kandidat yang tertulis. Beberapa orang Iran mengatakan mereka menyerahkan surat suara putih sebagai cara untuk berpartisipasi dalam pemilihan sambil memprotes kurangnya kandidat yang mewakili pandangan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Ulama Garis Keras

New York Post menyebut, Raisi yang berusia 60 tahun adalah ulama garis keras yang disukai oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dan telah dilihat sebagai calon penggantinya. Dia memiliki catatan pelanggaran berat hak asasi manusia, termasuk tuduhan memainkan peran dalam eksekusi massal lawan politik pada tahun 1988, dan saat ini berada di bawah sanksi Amerika Serikat.

Latar belakangnya sepertinya tak akan menghalangi negosiasi baru antara Amerika Serikat dan Iran, mengenai pemulihan perjanjian 2015 untuk membatasi program rudal nuklir dan balistik Iran dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi Amerika. Raisi telah mengatakan dia akan tetap berkomitmen untuk kesepakatan dan melakukan semua yang dia bisa untuk menghapus sanksi.

Kebijakan kunci seperti kesepakatan nuklir diputuskan oleh pemimpin tertinggi, yang memiliki keputusan terakhir tentang semua masalah penting negara.

Namun, pandangan konservatif Raisi akan mempersulit Amerika Serikat untuk mencapai kesepakatan tambahan dengan Iran dan mengekstraksi konsesi pada isu-isu kritis seperti program rudal negara itu, dukungannya terhadap milisi proksi di Timur Tengah dan hak asasi manusia.

Bagi para pendukungnya, identifikasi dekat Raisi dengan pemimpin tertinggi, dan dengan perluasan dengan Revolusi Islam yang membawa para pemimpin ulama Iran berkuasa pada tahun 1979, adalah bagian dari daya tariknya.

Pendukung Raisi juga mengutip resumenya sebagai seorang konservatif yang gigih, janjinya untuk memerangi korupsi, yang oleh banyak orang Iran disalahkan atas kesengsaraan ekonomi yang mendalam di negara itu sebagai sanksi Amerika, dan apa yang mereka katakan adalah komitmennya untuk meratakan ketidaksetaraan di antara orang Iran.

Pada pemilu Iran kali ini jumlah pemilih dilaporkan rendah, meskipun ada desakan dari pemimpin tertinggi untuk berpartisipasi dan kampanye yang terjadi dengan suara keras seperti: Satu spanduk mengacungkan gambar tangan Jenderal Suleimani yang terpotong, masih membawa cincin merah tua khasnya, mendesak rakyat Iran untuk memilih "demi dia."

Sementara yang lain menunjukkan jalan yang dibom di Suriah, memperingatkan bahwa Iran berisiko berubah menjadi negara yang dilanda perang itu jika pemilih tetap tinggal di rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.