Sukses

Wawancara Khusus Dubes India: Ini yang Bisa Dipelajari Indonesia Agar Kasus COVID-19 Turun

Agenda Yoga International Day, manfaat yoga hingga pandemi COVID-19 jadi bahasan wawancara dengan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam The Ambassador Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan kasus yang begitu tinggi sampai disebut sebagai tsunami COVID-19 di India yang jadi sorotan hingga kini sudah melandai infeksinya, jadi pembahasan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam program wawancara khusus Liputan6.com The Ambassador.

Dubes yang pernah bertugas di Ukraina itu pun menceritakan bagaimana kondisi terkini di tanah kelahirannya itu. Lalu mengungkap apa saja yang bisa dipelajari oleh Indonesia, yang kini tengah berada di lonjakan kasus yang kian mengkhawatirkan.

"Pemerintah India akan selalu, siap membantu, dengan cara apa pun yang memungkinkan," ucap Dubes Manoj dalam wawancara khusus pada Rabu 16 Juni 2021.

Agenda Yoga International Day atau Hari Yoga Internasional tahun ini hingga manfaat yoga baik bagi tubuh dan pasien COVID-19 juga tak luput dari bincang-bincang Dubes Manoj dengan Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Berikut ini wawancara selengkapnya dengan Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam The Ambassador

Liputan6.com 

Sebelum kita mulai berbicara lebih jauh tentang Hari Yoga Internasional, dapatkah Anda memberi tahu kami sedikit tentang Yoga itu sendiri karena seperti yang kita ketahui bahwa Yoga cukup terkenal saat ini tetapi dapatkah Anda memberi tahu kami sedikit lebih banyak kepada orang yang belum mengetahuinya? Mungkin manfaat dari yoga itu sendiri

 

Dubes Manoj Kumar Bharti 

Saya mendapat kesempatan untuk menjelaskan pandangan saya tentang yoga.

Pertama-tama saya ingin menyapa sahabat Liputan6.com dan mengucapkan selamat Hari Yoga Internasional yang akan datang.

Apa itu yoga? Saya yakin banyak orang sudah mulai mengetahui yoga atau bahkan terkadang berlatih yoga.

Tetapi saya merasa bahwa dalam banyak, banyak kasus, ada kekurangan pemahaman yang jelas tentang apa yang dapat dilakukan yoga terhadap Anda. Dan tentang apa sebenarnya yoga itu.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa esensi filsafat India adalah meditasi. Ketika Anda bermeditasi, pada dasarnya Anda memiliki pengalaman yang berbeda.

Dan meditasi bukanlah bagian dari agama melainkan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Jika Anda duduk untuk meditasi, Anda akan menemukan bahwa tubuh dan pikiran Anda tidak diatur untuk duduk dengan tenang dan fokus dalam jangka waktu tertentu.

Untuk membuat tubuh dan pikiran Anda mampu memulai proses meditasi, Anda perlu melatih pikiran dan tubuh Anda.

Itulah yang yoga lakukan untuk Anda.

Yoga adalah latihan agar tubuh Anda kencang dan pikiran Anda diasah untuk melakukan apa pun yang ingin Anda lakukan, meditasi hanyalah salah satu bagian.

Jadi ini adalah salah satu cara untuk menjelaskan yoga.

Cara kedua untuk menjelaskan yoga adalah seperti setiap kali Anda menerima gadget elektronik atau apa pun, bahkan ponsel atau televisi, Anda perlu memiliki instruksi manual tentang bagaimana peralatan ini perlu dijalankan.

Apa yang harus dilakukan untuk menjalankan peralatan?

Dan jika Anda bertanya kepada ilmuwan mana pun di dunia, tubuh manusia adalah instrumen paling rumit yang pernah diciptakan yang kita gunakan setiap hari tanpa mengetahui cara menggunakannya dengan benar.

Di mana instruksi manual untuk menggunakan tubuh Anda sendiri?

Dan balasan saya untuk ini adalah bahwa Yoga merupakan instruksi manual. Itu memberi Anda pengetahuan tentang bagaimana menggunakan tubuh Anda sendiri, apa yang harus dilakukan dengan tubuh Anda, dengan pikiran Anda dengan bacaan Anda, dll.

Cara ketiga untuk menjelaskan apa itu yoga, adalah bahwa kata itu sendiri berarti menghubungkan. Yoga dalam bahasa Sansekerta artinya menghubungkan.

Pertanyaannya adalah, apa yang menghubungkan.

Dan jawabannya adalah Anda memiliki dua hal yakni tubuh dan pikiran.

Tubuh memiliki bentuk fisik, tetapi pikiran  tidak memiliki dimensi fisik.

Jadi Anda adalah penguasa untuk dua hal yang berbeda.

Salah satunya adalah bentuk fisik dan lainnya non-fisik.

Yoga membuat Anda menggabungkan ini untuk menyatukannya dan memiliki kendali atas tubuh Anda, serta diri Anda.

Itulah keindahan dan pentingnya yoga.

 

Liputan6.com

Setuju dengan Anda, karena PM Modi pernah suatu kali mengatakan bahwa yoga mewujudkan kesatuan tubuh dan pikiran. Benar begitu?

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Benar. Karena itu adalah esensi dari yoga

 

Liputan6.com

Jadi yoga bukan hanya untuk latihan fisik tapi juga untuk pikiran kita.

Berbicara lebih lanjut tentang Hari Yoga Internasional. Mengapa Hari Yoga Internasional diperingati pada 21 Juni 2021?

Apakah Anda berkenan menjelaskan sejarah singkat tentang hal itu?

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Apakah Anda memperhatikan tentang India dan Hari Yoga Internasional? Sebenarnya, seluruh konsep Hari Yoga internasional berasal dari Perdana Menteri kami saat ini Perdana Menteri Modi. (Ada yg dipotong setelah ini) 

Oleh perdana menteri kami, Perdana Menteri Modi. Segera, setelah pelantikannya.

Pada 7 September 2014, proposal ini dibawa ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dan itu adalah resolusi yang didukung oleh sekitar 177 negara , yang merupakan suatu rekor tersendiri.

Resolusi itu disahkan dalam waktu tiga bulan dari proposalnya, yang merupakan rekor lain lagi.

Dan pada akhir tahun 2014, PBB mengumumkan bahwa setiap tahun tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Yoga  Internasional.

Hari Yoga Internasional pertama dirayakan pada 21 Juni 2015 di seluruh dunia.

Sekarang mengapa 21 Juni?

Jawaban sederhana untuk ini adalah merupakan hari titik balik matahari musim panas. Ini adalah hari terpanjang dan memiliki karakteristik yang sangat unik dalam hal angka astronomi.

Saya akan meletakkannya sebagai angka astronomi karena jika Anda menanyakan ini dari para astronom tanggal 21 Juni, Juni sebagai hari yang sangat penting dan juga untuk sebagian besar negara yang hidup di antara keduanya, Tropics subtopik , Cancer dan Tropic of Capricorn.

Ini adalah hari terpanjang dalam kalender mereka.

Jadi, saya akan mengatakan bahwa dengan mengingat itu, 21 Juni dipilih dan kami senang PBB benar-benar menyetujui saran yang dibuat oleh pemerintah India.

Liputan6.com

Sayangnya, Hari Yoga Internasional 2021 juga harus dirayakan di masa pandemi seperti tahun sebelumnya di tahun 2020 jika saya tidak salah. Apa cara terbaik untuk merayakan momen dalam situasi ini?

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Pemerintah India juga telah mengakui bahwa di masa pandemi ini, lebih baik mengubah cara merayakan Hari Yoga Internasional.

Dan itulah mengapa Kementerian Ayush menggunakan slogan bahwa semua orang yang berlatih yoga secara internasional bahwa untuk “Tetap bersama yoga, tetap di rumah.”

Sebenarnya, untuk melakukan yoga Anda tidak perlu berada di keramaian atau tidak perlu berada bersama dengan banyak orang.

Setelah Anda memahami konsep yoga, seperti yang saya sebutkan sebelumnya tentang Kesatuan Pikiran dan Tubuh, itu seharusnya menjadi upaya individu.

Seseorang dapat bersama dirinya sendiri di lingkungan rumah yang damai dan berlatih yoga.

Ini adalah cara penting untuk menjalani hidup dari seorang yogi, yang berlatih yoga.

Yogic atau Yogi berlatih dalam sebuah institusi suci.

Saya akan mendorong pemirsa untuk memahami konsep yoga dan mempraktikkannya di rumah mereka.

Itu harus dilakukan setiap hari, tetapi pada 21 Juni ada perayaan khusus untuk memperingati Hari Yoga Internasional.

Jadi saya akan mendorong mereka untuk tetap tinggal di rumah mereka dan memberikan perhatian pada latihan yoga.

Apa manfaat yoga? Seperti yang saya katakan sebelumnya, apakah itu membawa Anda lebih dekat ke keadaan meditasi.

Tetapi itu adalah tujuan akhir atau manfaatnya.

Hanya dengan mencoba melakukan yoga, Anda sangat diuntungkan. Baik dalam hal menghilangkan penyakit dalam tubuh, penyakit atau masalah apa pun.  

Latihan yoga memungkinkan Anda untuk mengurangi efek negative tersebut dan membuat Anda sehat.

Demikian pula yoga bisa menjernihkan pikiran Anda. Itu membuat Anda cocok untuk pemikiran dan keuntungan yang benar dan individu yang jujur. Tidak hanya untuk Anda sendiri, tetapi juga untuk anggota keluarga Anda dan juga untuk masyarakat.

Membuat pikiran dan tubuh menjadi sehat adalah salah satu manfaat langsung dari berlatih yoga setiap hari.

Liputan6.com

Ini juga menjadi pengingat untuk penonton di rumah agar melakukan yoga hanya di rumah, mungkin bisa bersama dengan anggota keluarga mereka. Benar begitu, duta besar?

Dubes Manoj Kumar Bharti

Saya ingin menyampaikan harapan baik saya kepada semua orang Indonesia yang berlatih yoga.

Jika Anda tidak berlatih yoga, mulailah berlatih yoga sekarang.

Ada peribahasa India seperti “lebih baik terlambat tapi datang”.

Jadi Anda bisa mulai yoga sekarang.

Atau jika Anda ingin bergabung dengan kami untuk mengetahui beberapa hal dasar yoga, Bagaimana melakukan yoga, apa yang harus dilakukan?

Anda harus bergabung dengan kami saat kami menggelar protokol yoga ini pada tanggal 20 Juni di Auditorium kami pukul 09.00 pagi.

Anda sangat dipersilakan untuk bergabung dengan kami. 

Liputan6.com

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, benar His Excellency?

Dubes Manoj Kumar Bharti

Tepat Sekali

Liputan6.com

Duta besar, apa rencana Kedutaan India di Jakarta untuk merayakan Hari Yoga Internasional 2021 di masa pandemi? Anda tadi sudah menyebutkan bahwa Kedutaan akan menyiarkan secara langsung dari Auditorium. Apa saja rencana kegiatan Kedutaan India? 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Pada 21 Juni pukul 09:00 pagi, kami telah mengorganisir pertunjukan terbatas tentang latihan yoga. Standar tentang bagaimana cara merelaksasi tubuh Anda untuk mulai melakukan gerakan yoga dan kemudian diakhiri dengan beberapa latihan pernapasan.

Jadi apa yang telah kami lakukan adalah untuk mendapatkan beberapa ahli yoga di Jakarta.

Mereka akan menampilkan seluruh protokol yoga. Akan ada sekitar 50 orang paling banyak. 50 orang di Aula besar yang kami miliki.

Ini juga untuk mengikuti protokol yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, juga Kota Jakarta.

Jadi kami memiliki lebih sedikit orang yang melakukan yoga dan bermanfaat bagi semua pemirsa kami.

Seluruh acara ini seharusnya tidak berlangsung lebih dari satu jam, dari pukul 09.00 hingga 10.00

Akan disiarkan langsung.

Dan saya yakin akan ada penonton yang berdiskusi di kotak obrolan salah satu media social.

Orang-orang juga bisa bertanya dan kami jawab secara online di chat box.

Mudah-mudahan, orang-orang akan mendapat manfaat. Bagi mereka yang masih berpikir, kapan memulai yoga mendapatkan cukup keberanian dan arahan untuk memulainya pada tanggal 21 Juni tahun ini.

 

Liputan6.com

Jadi acara ini tetap akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Betul sekali

Liputan6.com

Duta besar, apakah ada kesempatan untuk kami melihat Anda melakukan Yoga selama acara berlangsung?

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Saya? Ya tentu saja. Segala hal tentang yoga akan saya lakukan

Karena di Ukraina saat menjadi Duta Besar sekitar tiga tahun lalu. Kami telah melakukan yoga pada Hari Yoga Internasional dengan 4.000 orang di jalan utama kota.

Anda bisa lihat Hari Yoga Internasional di Kiev di YouTube pada tahun 2017 atau 2018, melihat saya melakukan semua pose yoga di jalanan

Liputan6.com

Saya rasa saya tidak sabar untuk melihat Anda melakukan pose Yoga selama acara.

Dubes Manoj Kumar Bharti

Ya, terima kasih

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 di India Turun, Ini yang Bisa Dipelajari Indonesia

Liputan6.com

Duta besar, terlepas dari Yoga yang sudah kita bicarakan, saya ingin membahas tentang kasus COVID-19 di India.

Seperti yang kita dengar, kasus COVID-19 di India menjadi sorotan dunia.

India menghadapi gelombang kedua Virus Corona selama sebulan terakhir.

Beban kasus COVID India telah meningkat tajam menjadi lebih dari 150.000 kasus per hari. Situasi itu disebut tsunami COVID-19.

Apakah Anda keberatan memberi tahu kami tentang situasi selama itu dan bagaimana kondisi saat ini? 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Iya. Sebenarnya, kita semua di India yakin bahwa kita telah keluar dari pandemi pada Januari, Februari, Maret tahun ini.

Tapi, entah bagaimana kita mungkin tidak tahu tentang gelombang kedua datang dan di bulan April, situasi mulai menjadi sangat sangat serius di India.

Pada bulan Mei, tanggal 10 sampai 11 Mei, kami memiliki 415.000 infeksi setiap hari. Ini sangat, sangat serius.

Jumlah pelaporan infeksi yang tinggi juga disebabkan oleh fakta bahwa setiap hari 1,6 juta tes dilakukan.

Dari 1,6 juta tes itu, 415.000 menjadi hampir 24% tingkat positif COVID-19. Jumlah itu terlalu tinggi.

Untungnya, banyak hal telah berubah dan kini telah terkendali.

Dalam dua, tiga hari terakhir, kita telah melihat bahwa infeksi harian telah turun menjadi hampir 50.000 hingga 60.000, yang untuk sejumlah tes, hampir 1,6 juta, bahkan sekarang sedang dilakukan.

Sekarang angka yang sangat kecil dan terkendali.

Dari sudut pandang lain, kita Anda lihat kemarin ada sekitar 55.000 infeksi baru sementara hampir 200.000 orang keluar dari rumah sakit.

Untuk jumlah orang yang masih di rumah sakit sendiri turun adalah indikasi lain dari situasi telah berada di bawah kendali.

Jika India telah mengakui ini dan juga menerima bahwa tidak perlu bantuan asing lebih lanjut karena kami dapat menangani situasi secara internal.

Sekarang, dalam parameter ini saya akan mengatakan menemukan latihan yoga masih ditekankan secara besar-besaran, sebagai alat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Bahwa ada latihan yoga yang bernama asana, pranaya, yaitu latihan pernapasan.

Ada orang yang baru melakukan yoga secara teratur kebal terinfeksi bahkan jika Anda terinfeksi tingkat keparahan infeksi bisa dikendalikan, sangat besar dampaknya.

Ini pendapat saya tentang situasi COVID-19 di India saat ini.

Juga, poin lain untuk disebutkan di sini adalah bahwa kami telah menyediakan vaksin COVID-19 untuk hampir 216 juta orang, hampir seperti seperlima dari seluruh populasi kami.

Dan kami berharap tingkat vaksinasi COVID-19 di India ini, akan terus meningkat pesat dan pada akhir September tahun ini untuk mencapai kekebalan kawanan yang diperlukan sekitar 66% vaksinasi.

 

Liputan6.com

Duta besar, berdasarkan data benar bahwasanya India mencatat kasus COVID-19 harian terendah dalam 2 bulan.

Bagaimana hal itu terjadi?

Anda mungkin juga tahu bahwa kasus di Indonesia, apalagi di Jakarta, akhir-akhir ini meningkat.

Apa yang dapat dipelajari Indonesia dari cara India mengendalikan kasus-kasus tersebut?

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Saya telah melihat di surat kabar hari ini bahwa varian D telah ditemukan dalam beberapa kasus di dalam dan sekitar Jakarta, di Pulau Jawa.

Saran yang kuat adalah mematuhi aturan dasar mengenakan masker, menjaga jarak sosial, mencuci tangan secara berkala, hanya beberapa persyaratan dasar.

Kami telah menerima permintaan pasokan remdesivir dalam jumlah yang lebih besar dari India. Kami sedang dalam proses untuk disetujui.

Pemerintah India akan selalu, siap membantu, dengan cara apa pun yang memungkinkan.

Kami telah melakukannya sebelumnya telah menghentikan ekspor vaksin dan obat-obatan kami untuk sementara waktu karena situasi dan keparahan kasus kami di India.

Tapi saya yakin mereka selalu berdiri dengan kata perang melawan Corona ini, serta di banyak isu Global lainnya yang bisa kita bantu sesuatu untuk disumbangkan.

 

Liputan6.com

Jadi sebenarnya masih seputar peraturan mendasar protokol kesehatan seperti masker, mencuci tangan yang perlu diperhatikan secara berkala.

Berbicara tentang Yoga dan COVID-19 yang Anda jelaskan tadi bahwa yoga dapat membantu menaikkan imun tubuh.

Saya membaca dari beberapa media India bahwa pejabat distrik berencana mengadakan sesi yoga untuk pasien positif COVID-19 agar mereka tetap sehat secara mental dan fisik.

Seperti yang kita ketahui, kondisi kesehatan orang yang terinfeksi memburuk karena stres, kecemasan, ketegangan, ketakutan yang tidak diketahui dan depresi. Apa pendapatmu tentang itu?

 

Dubes Manoj Kumar Bharti

Seperti yang saya katakan sebelumnya,

yoga memiliki karakter yang unik. 

Yoga bisa memberikan kedamaian untuk mental Anda dan juga untuk tubuh. Tetapi untuk menjaga kedamaian dan ketenangan mental itu.

Ini adalah langkah besar untuk manusia mana pun, jika Anda dapat mengendalikan pikiran Anda.

Membantu Anda melawan stres di kehidupan, yang semua orang alami.

Tetapi saya akan sangat menganjurkan orang juga informasi dasar tentang latihan pranaya yakni latihan pernapasan, sangat sederhana, mudah dilakukan dan sangat berguna.

Saya beri contoh, ada semacam pranaya. Dikatakan jika Anda melakukan latihan pernapasan sederhana ini, latihan 3 selama 5 menit artinya sama dengan melakukan 45 menit berlari.

Itu memberi tubuh Anda energi begitu banyak sehingga setara dengan sekitar 45 menit berlari.

Ada latihan serupa lainnya, yang memberi Anda kedamaian mental, kedamaian yang dapat menghilangkan stres apa pun yang mungkin Anda hadapi.

Ada latihan lain yang disebut kapalbhati yang baru-baru ini saya tonton di YouTube untuk meningkatkan kemampuan golf.

Karena saya mencoba bermain golf tetapi ayunan saya masih salah.

Jadi saya mencoba menonton video di mana orang yang belajar meningkatkan ayunan pergi ke instruktur yoga, dan diajarkan melakukan beberapa pose asana untuk melatih punggungnya. Sebagai langkah untuk melakukan kapalbhati.

Dan saya terkejut bahwa instruktur golf menggunakan  kapalbhati untuk meningkatkan stabilitas mental dan kedamaian.

Jika gerakan yoga semacam itu bias digunakan untuk bermain golf, bisa dibayangkan dampaknya untuk kehidupan Anda. 

Liputan6.com

Ya, betul. Yoga membuat diri lebih rileks dan juga membuat pikiran lebih damai di tengah situasi stres.

Terima kasih banyak duta besar atas waktunya dan penjelasan terkait Yoga International Day.

Kami juga berharap rencana kegiatan untuk Yoga International Day kedutaan India berjalan lancar.

Dubes Manoj Kumar Bharti 

Terima kasih, doa terbaik juga untuk kalian. Namaste

 

Selengkapnya dalam video wawancara khusus bersama Dubes India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti berikut ini:

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Sembarangan Pakai Masker Dobel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.