Sukses

Dapat Beasiswa University of Rhode Island, 24 Pelajar Papua Berangkat ke Amerika

Wakil Dubes AS, Heather Variava menerima 24 pelajar asal Papua yang akan berangkat untuk studi di University of Rhode Island.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Heather Variava pada Kamis (17/6/2021) melepas keberangkatan 24 pelajar dari provinsi Papua untuk melanjutkan studi mereka di AS. 

Para pelajar dari Papua tersebut menerima beasiswa otonomi khusus dari pemerintah provinsi Papua untuk mengenyam pendidikan di AS, kata Kedutaan Besar AS .

Acara itu pun dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) provinsi Papua, Aryoko A.F. Rumaropen yang mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe.

Kedubes AS mengatakan, acara ini menandai kelanjutan kerjasama jangka panjang antara University of Rhode Island dengan pemerintah provinsi Papua untuk memberikan kesempatan bagi pemuda Papua untuk mengejar gelar akademis di universitas di AS.

Wakil Dubes Heather Variava mengucapkan banyak terima kasih atas komitmen Gubernur Papua terhadap program ini dan kepada Presiden Universitas Rhode Island, Dr. David M. Dooley dan Direktur Pendidikan dan Kemitraan Bisnis untuk Asia, Bapak Brook Ross yang telah menjadikan kemitraan ini sebagai contoh bagaimana institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat dapat membantu Indonesia mewujudkan tujuan pengembangan kapasitas manusia di seluruh pelosok nusantara, demikian disampaikan dalam rilis Kedubes AS.

Pada 2020 lalu, 35 penerima beasiswa telah terpilih untuk melanjutkan studi di Universitas Rhode Island (URI).

Namun, karena adanya pandemi COVID-19, para siswa tersebut tidak dapat melakukan perjalanan ke Rhode Island untuk awal tahun ajaran 2020-2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Pendidikan Campuran

Bekerja sama dengan LSM Papua Language Institute dan mitra di AS, Universitas Johnson & Wales dan Highline College, Universitas Rhode Island meluncurkan program pendidikan campuran (hybrid) secara tatap muka dan daring. 

Program itu adalah untuk memberikan dukungan akademik dan membantu memastikan siswa-siswa tersebut dapat melanjutkan studinya ke AS ketika kondisi membaik.

10 penerima beasiswa, pada 10 Januari 2021 mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Universitas Rhode Island untuk memulai pembelajaran di musim semi secara langsung.

Ada 22 mahasiswa sarjana dan 2 mahasiswa pascasarjana yang dijadwalkan untuk berangkat ke Rhode Island pada akhir Juni 2021.

Mereka pertama-tama akan melakukan perjalanan ke Universitas Johnson & Wales di Providence, Rhode Island untuk belajar Bahasa Inggris dan Budaya Amerika selama satu semester di musim panas.

Beberapa siswa kemudian akan melanjutkan studinya di musim gugur di Universitas Rhode Island sebagai mahasiswa tahun kedua, sementara yang lain akan terdaftar dalam program gelar Associate di Highline College sebelum kemudian melanjutkan ke Universitas Rhode Island atau Universitas Johnson & Wales.

"Pertukaran pelajar ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat," tutur Wakil Dubes Heather Variava dalam pidatonya saat melepas keberangkatan pelajar Papua di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.