Sukses

Top 3: Pertemuan Perdana Joe Biden dan Vladimir Putin Jadi Sorotan

Top 3 global: pertemuan Biden-Putin, kasus harian COVID-19 di Inggris, dan harapan rakyat Jepang.

Liputan6.com, Jenewa - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya berjumpa secara perdana di NATO Summit, Jenewa, pada Rabu, 16 Juni 2021. Pertemuan keduanya dinantikan karena pernyataan panas yang diberikan kedua pemimpin. 

Putin sempat berkata hubungan AS-Rusia sedang berada di titik terendah, lalu Biden menyetujui hal itu dan menegaskan bahwa Rusia kerap melanggar norma-norma internasional. 

Kabar pertemuan Biden-Putin menjadi sorotan pembaca isu global Liputan6.com pada Kamis (17/6/2021). 

Artikel lain yang menarik perhatian pembaca adalah lonjakan kasus harian COVID-19 di Inggris, yakni hampir 10 ribu kasus. Kenaikan itu adalah yang tertinggi sejak Februari 2021. 

Ada pula harapan dari masyarakat Jepang agar pandemi COVID-19 segera berakhir. Dan berikut daftar artikelnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pertemuan Biden dan Putin

Pada Rabu 16 Juni 2021, Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin, bertemu di Jenewa, Swiss. Keduanya disertai delegasi tingkat tinggi.

Mengutip DW Indonesia, Kamis (17/6/2021), mereka membahas berbagai hal yang jadi sengketa dan menentukan bidang apa yang menjadi kepentingan bersama, serta mengatur ulang hubungan luar negeri di era pasca-Trump. 

Kepada wartawan Joe Biden juga mengatakan, dia akan menyampaikan kritik tentang situasi hak asasi manusia di Rusia yang makin memburuk, serta campur tangan Rusia dalam pemilu di AS dan dalam rangkaian serangan siber terhadap fasilitas AS.

Sementara kalangan pemerintahan Rusia di Kremlin menyatakan, kedua pemimpin akan mengklarifikasi isu-isu kunci dalam kerja sama bilateral. 

 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Varian Delta di Inggris

Inggris melaporkan kasus harian Virus Corona COVID-19 tertinggi sejak Februari 2021.

Penambahan itu menandai tanda-tanda penyebaran varian baru Virus Corona yang lebih menular yang pertama kali ditemukan di India.

 

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Patung Buddha di Jepang Pakai Masker

Para pekerja memanjat patung raksasa dewi Buddha di Jepang pada Selasa (15/6) untuk memasang masker yang dibuat khusus di wajahnya, sebuah tindakan yang dimaksudkan sebagai doa agar berakhirnya pandemi COVID-19.

Butuh empat pekerja selama tiga jam untuk membawa masker besar dengan tali ke atas patung putih 57 meter dewi Buddha Kannon yang dikenal sebagai Dewi Belas Kasihan di kuil Houkokuji Aizu Betsuin di Prefektur Fukushima. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Rabu (16/6/2021).  

 

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.