Top 3: Pertemuan Perdana Joe Biden dan Vladimir Putin Jadi Sorotan

Oleh Tommy Kurnia pada 17 Jun 2021, 15:56 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 15:56 WIB
THUMBNAIL BIDEN
Perbesar
Pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Liputan6.com, Jenewa - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya berjumpa secara perdana di NATO Summit, Jenewa, pada Rabu, 16 Juni 2021. Pertemuan keduanya dinantikan karena pernyataan panas yang diberikan kedua pemimpin. 

Putin sempat berkata hubungan AS-Rusia sedang berada di titik terendah, lalu Biden menyetujui hal itu dan menegaskan bahwa Rusia kerap melanggar norma-norma internasional. 

Kabar pertemuan Biden-Putin menjadi sorotan pembaca isu global Liputan6.com pada Kamis (17/6/2021). 

Artikel lain yang menarik perhatian pembaca adalah lonjakan kasus harian COVID-19 di Inggris, yakni hampir 10 ribu kasus. Kenaikan itu adalah yang tertinggi sejak Februari 2021. 

Ada pula harapan dari masyarakat Jepang agar pandemi COVID-19 segera berakhir. Dan berikut daftar artikelnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Pertemuan Biden dan Putin

Presiden AS Joe Biden emosi ketika ditanya tentang Vladimir Putin.
Perbesar
Presiden AS Joe Biden emosi ketika ditanya tentang Vladimir Putin. Dok: C-SPAN

Pada Rabu 16 Juni 2021, Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin, bertemu di Jenewa, Swiss. Keduanya disertai delegasi tingkat tinggi.

Mengutip DW Indonesia, Kamis (17/6/2021), mereka membahas berbagai hal yang jadi sengketa dan menentukan bidang apa yang menjadi kepentingan bersama, serta mengatur ulang hubungan luar negeri di era pasca-Trump. 

Kepada wartawan Joe Biden juga mengatakan, dia akan menyampaikan kritik tentang situasi hak asasi manusia di Rusia yang makin memburuk, serta campur tangan Rusia dalam pemilu di AS dan dalam rangkaian serangan siber terhadap fasilitas AS.

Sementara kalangan pemerintahan Rusia di Kremlin menyatakan, kedua pemimpin akan mengklarifikasi isu-isu kunci dalam kerja sama bilateral. 

 

Baca selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Varian Delta di Inggris

Inggris Ragu-ragu Cabut Lockdown
Perbesar
Pejalan kaki berjalan melewati tanda yang menunjukkan jalan ditutup di daerah Soho, pusat kota London, Kamis (3/6/2021). Pemerintah Inggris belum bisa memastikan akan sepenuhnya mencabut lockdown yang berakhir pada 21 Juni nanti meski kasus Covid-19 mengalami tren penurunan. (Tolga Akmen/AFP)

Inggris melaporkan kasus harian Virus Corona COVID-19 tertinggi sejak Februari 2021.

Penambahan itu menandai tanda-tanda penyebaran varian baru Virus Corona yang lebih menular yang pertama kali ditemukan di India.

 

Baca selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Patung Buddha di Jepang Pakai Masker

Kota Tokyo dari Ketinggian
Perbesar
Gambar pada 19 Agustus 2019 memperlihatkan pemandangan cakrawala Tokyo terlihat dari dek observasi Menara Roppongi Hills. Wisatawan dapat melihat berbagai gedung pencakar langit yang semua tertata rapi di kota terkenal sibuk ini. (AP Photo/Jae C. Hong)

Para pekerja memanjat patung raksasa dewi Buddha di Jepang pada Selasa (15/6) untuk memasang masker yang dibuat khusus di wajahnya, sebuah tindakan yang dimaksudkan sebagai doa agar berakhirnya pandemi COVID-19.

Butuh empat pekerja selama tiga jam untuk membawa masker besar dengan tali ke atas patung putih 57 meter dewi Buddha Kannon yang dikenal sebagai Dewi Belas Kasihan di kuil Houkokuji Aizu Betsuin di Prefektur Fukushima. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Rabu (16/6/2021).  

 

Baca selengkapnya...

Infografis 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓