Sukses

WHO: Pemangkasan Anggaran Bantuan dari Inggris Berisiko Terhadap Jutaan Nyawa

Pemotongan anggaran bantuan Inggris akan membuat jutaan orang berisiko meninggal akibat "penyakit tropis yang terabaikan"

Liputan6.com, London - Pemotongan anggaran bantuan Inggris akan membuat jutaan orang berisiko meninggal akibat "penyakit tropis yang terabaikan".

Hampir 280 juta tablet penyelamat kemungkinan akan kedaluwarsa dan harus dibakar karena penarikan uang Inggris, kata badan PBB itu.

Anggaran bantuan luar negeri tahunan Inggris telah dikurangi dari 0,7 persen menjadi 0,5 persen dari pendapatan nasional, pemotongan hampir £4 miliar (Rp 81 triliun).

Para menteri mengatakan, £10 miliar (Rp 201 triliun) masih akan dihabiskan pada tahun 2021, dengan £1,3 miliar (Rp 26 triliun) untuk kesehatan global.

Mengutip BBC, Kamis (17/6/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah bergabung dengan banyak lembaga lain dalam memperingatkan tentang dampak dari keputusan Departemen Keuangan untuk memotong bantuan asing tahun ini.

Dalam pengajuan kepada Komite Pembangunan Internasional - yang sedang melakukan penyelidikan tentang masa depan bantuan Inggris - WHO mengatakan pemotongan itu akan membuat jutaan orang termiskin di dunia berisiko terkena apa yang disebut "penyakit tropis yang terabaikan".

 Ini termasuk penyakit kaki gajah, trachoma dan Guinea Worm dan termasuk di antara 20 kelompok penyakit yang terutama menyerang orang-orang di negara-negara termiskin.

Mereka dapat dicegah tetapi tanpa pengobatan WHO mengatakan mereka "membunuh, buta, menodai dan melukai".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inggris Telah Memberikan Dana Kepada 19 Negara

WHO mengatakan bahwa sebelum pemotongan bantuannya, Inggris memberikan dana kepada 19 negara melalui program kesehatan "unggulan" yang disebut Mempercepat Kontrol Berkelanjutan dan Penghapusan Penyakit Tropis Terabaikan (Ascend).

Sebagian besar bantuan Inggris membantu mendistribusikan obat-obatan yang menyelamatkan jiwa tetapi tanpa bantuan itu, badan tersebut mengatakan kemungkinan 277 juta tablet akan kedaluwarsa dan harus dibakar.

"Tidak ada sumber pendanaan alternatif yang jelas untuk mengisi kesenjangan pendanaan yang akan ditinggalkan oleh keluarnya Ascend," tambah WHO.

Kantor Luar Negeri mengatakan, mereka telah dipaksa oleh dampak finansial dari pandemi untuk mengambil keputusan sulit untuk meninggalkan program yang mengobati penyakit ini. 

"Dampak seismik pandemi memaksa keputusan sulit untuk sementara mengurangi anggaran bantuan dan menghentikan beberapa program, termasuk program Percepatan Pengendalian Berkelanjutan dan Penghapusan Penyakit Tropis Terabaikan," kata sebuah pernyataan.

"Kami masih akan menghabiskan lebih dari £10 miliar (Rp 201 triliun) tahun ini untuk memerangi kemiskinan, mengatasi perubahan iklim, dan meningkatkan kesehatan global, termasuk £1,3 miliar (Rp 26 triliun) untuk kesehatan global.

"Kami akan fokus pada posisi Inggris di garis depan respons internasional terhadap Covid-19, dan akan terus mendukung program di negara-negara yang terkena penyakit tropis yang terabaikan."

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.