Sukses

China Yakin Laos Kalahkan COVID-19 dengan Vaksin Sinopharm

Laos kembali menerima vaksin Sinopharm dari China untuk lawan COVID-19.

Liputan6.com, Vientiane - Pemerintah Laos memberikan pujian kepada kemanjuran vaksin COVID-19. Ungkapan itu disampaikan ketika mendapat setengah juta donasi vaksin dari China.

Laos menerima batch terbaru vaksin Sinopharm yang tiba di Bandara Internasional Wattay, Senin (15/6). Upacara penyerahan dilaksanakan Selasa kemarin dengan dihadiri Deputi Perdana Menteri Kikeo Khaykhamphithoune.

Berdasarkan laporan media pemerintah China, Xinhua, Deputi PM Laos mengapresiasi bantuan China dalam waktu yang kritis ini. Kikeo juga menegaskan pentingnya kesehatan warga China di Laos.

Menurut The Laoian Times, batch terbaru ini terdiri atas 500 ribu dosis.

Pada April lalu, Laos juga baru saja menerima 300 ribu dosis Sinopharm dari China. Pengiriman Sinopharm ke Laos sudah dimulai sejak Desember 2020. Warga China di Laos juga disuntik dengan Sinopharm.

Duta Besar China untuk Laos, Jiang Zaidong, berkata ada 85 persen populasi Laos yang disuntik memakai vaksin Tiongkok. 

"Kami percaya batch terbaru vaksin ini akan dengan cepat dan efektif mengisi selisih vaksin di Laos dan membuat kontribusi positif kepada masyarakat Laos menjelang kemenangan melawan pandemi," ujar Dubes Jiang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Juga Kedatangan Sinopharm

Satu juta vaksin Sinopharm tiba di Tanah Air pada Jumat (11/6/2021). Ini merupakan kedatangan vaksin COVID-19 tahap keenam belas di Indonesia.

Dalam keterangan pers Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, vaksin dibawa dengan pesawat angkut Garuda Indonesia yang dikemas dalam 26 isolation box berukuran 110 cm x 100 cm x 157 cm. 

Dengan tambahan ini, pemerintah telah mengamankan dua juta dosis vaksin COVID-19 yang digunakan untuk program Vaksinasi Gotong Royong di Indonesia.

Sebelumnya pada Kamis malam, sebanyak 1.504.800 dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX Facility juga telah tiba di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sejauh ini telah mengamankan 94.728.400 dosis vaksin COVID-19, dengan rincian 84.500.000 vaksin Sinovac, 8.228.400 dosis vaksin AstraZeneca, dan dua juta dosis vaksin dari Sinopharm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.