5 Diet Berbahaya yang Perlu Dihindari, Makanan Bayi hingga Tanah Liat

Oleh Liputan6.com pada 15 Jun 2021, 20:40 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 20:40 WIB
Membantu Program Diet
Perbesar
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya, semua orang ingin menjadi menarik, dan konsep "menarik" di mata umum selalu tidak lepas dari kata kurus. Seharusnya untuk menjadi menarik tidak ditentukan standar seperti itu. Karenanya banyak masyarakat yang berusaha keras untuk melakukan diet yang ekstrem.

Bagi banyak orang, upaya untuk menjadi kurus adalah pertempuran tanpa akhir, dengan garis akhir yang terus berubah.

Banyak orang melakukan tindakan drastis untuk menurunkan berat badan, dengan berbagai metode diet aneh yang terkadang tidak masuk akal dan secara tidak langsung merusak kesehatan.

Mengutip Listverse, berikut adalah 6 mode diet berbahaya yang perlu dihindari karena lebih sering menurunkan berat badan dengan mengorbankan kesehatan:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Diet Makanan Bayi

[Bintang] Ilustrasi Makanan Kentang
Perbesar
Mama muda harus tahu, ini manfaat kentang untuk bayi. (Sumber Foto: Sass & Veracity)

Diet makanan bayi terdengar cukup bagus. Diet ini bekerja dengan mengganti makanan dengan camilan bayi. Tidak setiap kali makan, untungnya, hanya satu atau dua kali sehari. Alasan di balik diet ini cukup sederhana. Makanan bayi mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan sedikit kalori. 

Tempat makanan bayi biasanya mampu menampung 75-100 kalori. Jadi tentu saja, ini mengganti 2/3 penuh makanan yang biasanya 150-200 kalori, sehingga bisa menghasilkan penurunan berat badan. 

Metode ini dilakukan melalui mekanisme yang disebut dokter sebagai "kelaparan," yang tidak hanya menghilangkan lemak tetapi juga menghilangkan otot, tulang, dan juga membunuh Anda.

Metode ini dimulai oleh pelatih selebriti Tracy Anderson dan diadopsi oleh selebriti seperti Gwyneth Paltrow.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Diet Sup Kubis

Ilustrasi Kubis
Perbesar
Ilustrasi kubis. (dok. Pixabay.com/ulleo)

Anda hanya bisa makan sup kubis, tetapi Anda bisa makan sup kubis sebanyak yang Anda mau.

Polos dan sederhana. Identik dengan makanan ini. Tidak ada satu makanan pun, bahkan makanan kombinasi, yang cukup untuk memberikan kandungan yang sehat dan mempertahankan energi dan secara umum. 

Menurut penelitian American Heart Association, terdapat sejumlah masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh diet sup kubis, dan itu menjadi alasan yang kuat untuk menghindari metode ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Master Cleanse

jus
Perbesar
ilustrasi jus sayur/Photo by Jose Soriano on Unsplash

Metode ini hingga saat ini masih populer di antara mereka yang 'kebetulan' otaknya kekurangan nutrisi - tetapi secara konsisten gagal menghasilkan efek yang bertahan lama. 

Pembersih utama, atau dikenal dengan metode master cleanse, pada dasarnya hanya minum jus lemon, sirup maple, cabai rawit, dan air. Akan tetapi, metode menjadi populer karena Beyonce diduga menggunakannya dengan efek yang luar biasa. 

Itu tentu saja mungkin, tetapi seperti semua diet yang setengah dipikirkan, hasil dari metode ini hanya bersifat sementara atau sangat merugikan kesehatan pribadi.

Pembersihan utama, seperti kebanyakan pembersihan, adalah upaya untuk 'mendetoksifikasi' tubuh, yaitu, membuang 'racun'. Namun, 99 persen orang salah mengartikan kata 'racun' menjadi sesuatu yang sangat buruk bagi tubuh.

Banyak molekul yang buruk bagi tubuh kita, tentu saja, tetapi dalam tingkat normal, mereka secara alami disaring oleh hati dan ginjal kita. Cara terbaik untuk membantu organ-organ itu melakukannya adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang, tidur yang cukup, mengelola stres Anda, dan berolahraga secara teratur. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Sistem Mengunyah Fletcherism

Ilustrasi kue bolu hazelnut
Perbesar
Ilustrasi kue bolu hazelnut (Sumber: Pixabay/la-fontaine)

Horace Fletcher adalah seorang non-dokter dari tahun 1800-an yang berjuang melawan obesitas. Dia merancang sebuah "sistem" untuk memeranginya melalui mengunyah makanan lebih banyak.

"Fletcherism" seperti beberapa orang menyebutnya, adalah kepatuhan yang ketat untuk mengunyah setiap gigitan setidaknya 100 kali. Fletcher sendiri yakin untuk menambahkan bahwa diet itu berhasil terlepas dari apa yang dimakan seseorang, jadi satu galon es krim yang dikunyah 100 kali tidak masalah oleh Ol' Fletch.

Entah bagaimana, ide-idenya bertahan hingga zaman modern, terutama karena akal sehat maupun literasi ilmiah belum ada di mana-mana. Diet ini pada akhirnya mulai ditinggalkan karena dianggap tidak efektif.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Diet Tanah Liat

Makanan Langka Khas Cirebon Ini Terbuat dari Tanah Liat
Perbesar
Setelah ditumbuk, tanah tersebut disaring dengan air untuk kemudian dikeringkan hingga menjadi seperti tepung.

Diet tanah liat semakin populer terutama berkat dukungan aktris Shailene Woodley dan Zoe Kravitz. Idenya adalah untuk mengkonsumsi dengan makanan Anda bentonit tanah liat, sejenis abu vulkanik yang terkenal sebagai alat penyerap.

Tanah liat diyakini akan mengikat bahan kimia yang tidak diinginkan di tubuh dan membantu Anda mengeluarkannya saat membuang kotoran. Namun, Tanah liat bentonit akan mengikat dan menyerap semua yang dia bisa, termasuk nutrisi yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup. Hal ini membengkak di usus Anda dan menyebabkan distensi dan bahkan melubangi usus Anda.

 

Reporter: Lianna Leticia

Lanjutkan Membaca ↓