Sukses

Amerika Imbau Warganya Tak ke Indonesia karena COVID-19 dan Ancaman Terorisme

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengeluarkan Pemberitahuan Kesehatan Perjalanan Tingkat 3 untuk Indonesia karena COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Amerika Serikat (AS) meminta warganya untuk mempertimbangkan kembali jika ingin melakukan perjalanan ke Indonesia karena COVID-19. Tak hanya itu, situs resmi travel.state.gov juga menekankan ancaman terorisme dan bencana alam di Indonesia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah mengeluarkan Pemberitahuan Kesehatan Perjalanan Tingkat 3 untuk Indonesia karena COVID-19.

Hal ini menunjukkan tingkat COVID-19 yang tinggi di Indonesia, demikian dikutip dari travel.state.gov, Senin (14/6/2021).

Dalam situs itu juga meminta warga Amerika Serikat mengunjungi halaman Kedutaan Besar untuk informasi lebih lanjut tentang COVID-19 di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya Ancaman COVID-19

Pertimbangkan kembali perjalanan ke:

Sulawesi Tengah dan Papua akibat kerusuhan sipil.Teroris terus mengancam Indonesia.

"Teroris dapat menyerang atau datang tanpa peringatan, menargetkan kantor polisi, tempat ibadah, hotel, bar, klub malam, pasar dan pusat perbelanjaan, serta restoran," tulis situs ini.

Bencana alam seperti gempa bumi, tsunami atau letusan gunung berapi dapat mengakibatkan terganggunya transportasi, infrastruktur, sanitasi, dan ketersediaan layanan kesehatan.

Jika Anda memutuskan untuk bepergian ke Indonesia perhatikan hal berikut:

- Lihat halaman web Kedutaan Besar AS tentang COVID-19.

- Kunjungi halaman web CDC tentang Perjalanan dan COVID-19.

- Pantau media lokal- Kunjungi situs Badan Geologi (Badan Geologi Indonesia, hanya dalam bahasa Indonesia) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk informasi terbaru dari Pemerintah Indonesia tentang bencana alam saat ini.

- Tinjau saran CDC tentang cara bersiap menghadapi bencana alam.

- Waspadai keselamatan dan keamanan pribadi Anda setiap saat.

- Mendaftar di Program Pendaftaran Wisatawan Cerdas (STEP) untuk menerima Peringatan dan mempermudah menemukan Anda dalam keadaan darurat.

- Pastikan paspor Anda masih berlaku setidaknya enam bulan setelah masa inap yang Anda inginkan.- Ikuti Departemen Luar Negeri di Facebook dan Twitter.

- Tinjau Laporan Kejahatan dan Keamanan untuk Indonesia.- Siapkan rencana kontinjensi untuk situasi darurat.

3 dari 3 halaman

Infografis Jakarta Terancam Genting COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.