11 Juni 1982: Karya Fiksi Ilmiah E.T Extra-Terrestrial Dirilis Untuk Pertama Kalinya

Oleh Liputan6.com pada 11 Jun 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 10:25 WIB
E.T
Perbesar
E.T (Wikipedia)

Liputan6.com, Los Angeles - Sutradara Steven Spielberg dilaporkan memanfaatkan pengalamannya sendiri sebagai anak yang kadang kesepian setelah perceraian orangtuanya untuk karya klasik fiksi ilmiah E.T Extra-Terrestrial yang liris pada 11 Juni 1982.

Dikutip dari History, Kamis (10/6/2021), untuk Spielberg, E.T menandai kembaliknya ke wilayah yang pertama ia kunjungi dengan film sebelumnya, Close Encounters of the Third Kind (1997) di mana Richard Dreyfuss memrankan seorang pria yang berhadapan langsung dengan kekuatan alian menakutkan yang akhirnya terbukti ramah dengan manusia.

Dengan E.T, Spielberg akan menciptakan visi kehidupan alien yang lebih menarik, dalam bentuk makhluk kecil dengan kulit keriput dan perut bercahaya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Meraup Banyak Keuntungan

E.T
Perbesar
E.T (Wikipedia)

Dalam penulisan skenario, Spielberg bekerja sama dengan Melissa Mathison untuk merekam dalam film kisah ahli botani alien yang bijaksana dan baik hati, untuk kembali ke planet asalnya dengan bantuan Elliot -- yang dimainkan oleh Henry Thomas.

Pada malam penutupan di Festival Film Cannes 1982, E.T mendapati banyak kritik yang positif.

Film tersebut juga dinominasikan dalam sembilan kategori di Academy Awards 1983, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. E.T juga memenangkan empat Oscar untuk Penyuntingan Efek Suara Terbaik, Efek Visual Terbaik, Skor Asli Terbaik, dan Suara Terbaik.

E.T memiliki kesuksesan luar biasa dan meraup banyak keuntungan.

 

Reporter: Paquita Gadin

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓