Sukses

Gedung di Mumbai India Ambruk, 11 Orang Tewas

Sebuah bangunan tempat tinggal ambruk di kota Mumbai, India, menewaskan 11 orang.

Liputan6.com, Mumbai - Sedikitnya 11 orang tewas setelah sebuah gedung tempat tinggal ambruk di kota Mumbai, India barat.

Upaya penyelamatan sedang dilakukan karena lebih banyak orang dikhawatirkan masih terperangkap di puing-puing bangunan di daerah Malad, Mumbai, menurut para pejabat setempat.

Investigasi terhadap runtuhnya bangunan itu telah diperintahkan, sementara seorang menteri menyebut hujan lebat dapat menyebabkan keruntuhan gedung

Polisi setempat mengatakan bahwa 18 orang dievakuasi dari puing-puing bangunan, tetapi hanya tujuh dari mereka yang selamat.

"Polisi akan melakukan penyelidikan yang tepat dan mengambil tindakan lebih lanjut," kata perwira senior Dilip Sawant kepada media setempat, seperti dilansir BBC, Kamis (10/6/2021).

Saksi mata menyebut bangunan dua lantai itu runtuh ke struktur yang lebih kecil di sebelahnya.

"Insiden itu terjadi sekitar pukul 22:15. Saya keluar setelah dua orang meminta kami untuk meninggalkan gedung. Saat saya bergegas keluar, saya melihat tiga bangunan, termasuk sebuah pabrik susu, ambruk di dekat gedung kami," kata seorang penduduk, dikutip surat kabar Mumbai Mirror. 

Diketahui, peristiwa bangunan runtuh di India tidak jarang terjadi, terutama selama musim hujan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Penyelamatan Terus Dilakukan

Menteri Negara Bagian Maharashtra, Aslam Shaikh mengatakan bahwa upaya penyelamatan akan terus dilakukan untuk mencari korban selamat yang mungkin masih terjebak di dalam reruntuhan.

"Gedung-gedung runtuh karena hujan. Operasi penyelamatan sedang berlangsung. Orang-orang yang terluka telah dipindahkan ke rumah sakit. Puing-puing bangunan sedang dipindahkan untuk melihat apakah ada lebih banyak orang terjebak di bawahnya," kata Shaikh.

Insiden yang lebih kecil seperti runtuhnya tembok telah dilaporkan dari bagian lain kota, tetapi sejauh ini tidak ada laporan korban luka.

Pakar cuaca mengatakan, hujan lebat akan terus melanda kota Mumbai selama beberapa hari ke depan dan daerah dataran rendah akan berisiko dilanda banjir.

Para pejabat mengatakan bahwa mereka telah mengevakuasi penghuni di bangunan-bangunan yang rusak lainnya di daerah itu, karena hujan lebat kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang.

Mumbai telah berada dalam keadaan siaga, karena hujan juga menyebabkan genangan air di beberapa daerah.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.