KBRI Islamabad Perluas Kerjasama Ekonomi dengan Pakistan

Oleh Liputan6.com pada 10 Jun 2021, 14:54 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 14:54 WIB
Kerjasama KBRI Islamabad
Perbesar
Kerjasama KBRI Islamabad

Liputan6.com, Islamabad - KBRI Islamabad sedang berupaya untuk memaksimalkan peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia antara Pakistan dan ASEAN-Pakistan agar terus meningkat di tengah tantangan pandemi COVID-19.

Neraca perdagangan ASEAN-Pakistan bernilai sekitar lebh dari 110 triliun rupiah yan gdinilai masih di bawah potensi ekonomi, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Islamabad, Kamis (10/6/2021).

Untuk menaiki angka tersebut, KBRI Islamad merasa perlu adanya pengenalan tentang ASEAN yang lebih intensif kepada publik yang lebih luas di Pakistan ujar Duta Besar Indonesia untuk Pakistan, Adam M. Tugio pada pembukaan Dialogue with Experts on ASEAN-Pakistan Cooperation yang melibatkan Kepala Perwakilan dari negara anggota ASEAN di Islamad, Dirjen Asia Pasifik Kemenlu Pakistan, sejumlah pakar universitas termuka di Pakistan, dan pelaku usaha dan Kadin dari sejumlah negara anggota ASEAN dan Pakistan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kerjasama Online Workshop selama 6 Hari

Kerjasama KBRI Islamabad
Perbesar
Kerjasama KBRI Islamabad

Dubes Adam Tugio juga menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan oleh KBRI untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdangan -- termasuk peningkatan ekspor dan diversifikasi antara Indonesia dan Pakisan.

Ia juga optimis berbagai inovasi dan kegiatan pameran yang dilakukan oleh KBRI merupakan kiat untuk mengulik peningkatan ekspor produk Indonesia ke Pakistan yang tercermin dari transaksi konkret antara pelaku usaha Indonesia dan Pakistan.

Menurut Boy Dharmawan, penasihat menteri KBRI Islamabad, keterlibatan pres dalam kegiatan magang secara daring yang merupakan kerja sama antara KBRI dan CGSS yang bertema "Contemporary Dynamics of Indonesia" terbukti efektif saat menampilkan artikel positif tentang Indonesia di surat kabar lokal Pakistan -- khususnya pada National Herald Tribune dan Islamad Post.

Saat ini, ada 30 artikel tentang Indonesia yang mengundang tanggapan positif dari publik.

Pelaksanaan kerja sama antara KBRI dan CGSS akan kembali dalam pelaksanaan Online Workshop pada tanggal 22-28 Juni 2021.

 

Reporter: Paquita Gadin

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓