Sukses

Joe Biden Beri Peringatan Keras ke Rusia Saat Perjalanan Luar Negeri Pertamanya, Ada Apa?

Presiden AS Joe Biden memberi peringatan tegas untuk Rusia agar tidak melakukan tindakan berbahaya selama perjalanan luar negeri pertamanya ke Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Joe Biden tengah dalam perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri, sambil memberi peringatan ke Rusia bahwa Rusia menghadapi konsekuensi "kuat dan berarti" jika terlibat dalam "kegiatan berbahaya".

Biden memperjelas niatnya untuk memperkuat hubungan dengan sekutu AS, menyusul ketegangan hubungan di bawah pemerintahan Trump. Mengutip BBC, Kamis (11/6/2021), Presiden Biden tiba di Inggris pada Rabu 9 Juni.

Biden akan bertemu PM Boris Johnson untuk menyetujui "Piagam Atlantik" yang baru. Pakta tersebut akan menjadi versi modern dari yang disepakati antara Winston Churchill dan Franklin Roosevelt pada tahun 1941, dengan fokus pada tantangan termasuk perubahan iklim dan keamanan.

Selama kunjungan selama delapan hari ke Eropa dengan jadwal yang padat, Biden akan bertemu Ratu di Kastil Windsor, menghadiri pertemuan para pemimpin G7, dan bergabung dengan KTT NATO pertamanya sebagai presiden.

Di akhir perjalanannya, Biden akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksud Peringatan Joe Biden

Gedung Putih telah mengindikasikan bahwa Biden bermaksud untuk membahas "berbagai masalah mendesak" dengan mitranya dari Rusia, termasuk pengendalian senjata, perubahan iklim, keterlibatan militer Rusia di Ukraina, aktivitas peretasan dunia maya Rusia dan pemenjaraan oposisi Rusia Alexei Navalny.

"Kami tidak mencari konflik dengan Rusia," katanya. "Kami menginginkan hubungan yang stabil dan dapat diprediksi ... tapi saya sudah jelas: Amerika Serikat akan merespons dengan cara yang kuat dan bermakna jika pemerintah Rusia terlibat dalam kegiatan berbahaya." 

Hubungan antara Washington dan Moskow berada pada titik terendah karena berbagai masalah. 

Pada bulan April, Putin menuduh kekuatan Barat mencoba untuk "mengganggu" Rusia dan memperingatkan mereka untuk tidak melewati "garis merah".

Biden mengatakan bahwa "di setiap titik" selama perjalanan luar negeri pertamanya sebagai presiden, dia ingin menjelaskan bahwa "Amerika Serikat telah kembali dan negara-negara demokrasi dunia berdiri bersama untuk mengatasi tantangan terberat, dan masalah yang paling penting untuk dihadapi masa depan kita".

Para pemimpin G7 (Group of Seven) lainnya akan tiba di Cornwall, Inggris barat daya, pada hari Jumat dan pertemuan akan berlangsung selama akhir pekan. G7 terdiri dari tujuh terbesar di dunia yang disebut ekonomi maju - Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan AS - ditambah UE.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.