Sukses

Fakta-Fakta Gerhana Matahari Cincin 10 Juni, Waktu hingga Cara Menyaksikannya

Ini penjelasan lengkap soal gerhana matahari hingga cara menyaksikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Matahari Cincin pertama pada 2021 akan berlangsung hari ini, Kamis 10 Juni. Fenomena langit ini terjadi hanya beberapa hari setelah fenomena Gerhana Bulan Merah dan Gerhana Bulan Total terjadi pada 26 Mei.

Mengutip Indian Express, Kamis (10/6/2021), gerhana Matahari cincin adalah pemandangan langka dan memesona yang tidak boleh dilewatkan.

Menurut NASA, gerhana mMatahari cincin muncul setiap 18 bulan di suatu tempat di Bumi dan hanya terlihat beberapa menit, tidak seperti gerhana Bulan.

Gerhana Matahari total terjadi ketika Bulan melewati antara Bumi dan Matahari dan menghalangi cahaya Matahari. Tapi, ketika Bulan terlalu jauh dari bumi, ia terlihat lebih kecil dan tidak menghalangi seluruh pandangan Matahari. Ini menciptakan apa yang tampak seperti cincin di sekitar Bulan.

Perlu dicatat bahwa hanya gerhana Matahari sebagian yang dapat diamati dari Kutub Utara dan Selatan, menurut NASA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu dan Cara Menyaksikan

Menurut keterangan dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, fase bulan baru ini terjadi pada 10 Juni pukul 17.52 WIB/18.52 WITA/19.52 WIT dengan jarak 404.245 km dari Bumi dan terletak di konstelasi Taurus. 

Fenomena ini juga bertepatan dengan Gerhana Matahari Cincin yang hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksumum terjadi pukul 17.43 WIB/18.43 WITA/19.43 WIT. 

3 dari 3 halaman

Cara Menyaksikan

Seluruh gerhana matahari cincin akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada, dan bergerak ke utara hingga saat gerhana terbesar, sekitar pukul 08:41 waktu setempat di Greenland utara dan berakhir saat matahari terbenam di timur laut Siberia, menurut EarthSky.

Fase "cincin api", ketika bulan menutupi 89% matahari, akan berlangsung hingga 3 menit dan 51 detik di setiap titik di sepanjang jalur ini.

Daerah-daerah yang tidak berada di sepanjang jalur gerhana matahari akan melihat gerhana sebagian, jika cuaca memungkinkan.

Di daerah ini, bagian luar bulan, bayangan lebih terang, yang dikenal sebagai penumbra, menghalangi matahari.

Saat bulan lewat di depan matahari, akan terlihat seperti bayangan ini mengambil sebagian dari bintang yang terang.

Karena gerhana yang terjadi ini tidak akan mencakup totalitas, Anda tidak boleh melihat gerhana secara langsung, meskipun Anda mengenakan kacamata hitam.

Sebagai gantinya, Anda memerlukan kacamata gerhana khusus atau alat lain, seperti penampil gerhana matahari buatan sendiri atau bahkan saringan yang akan menunjukkan bayangan gerhana parsial jika Anda membiarkan matahari bersinar melalui lubangnya dan ke tanah atau permukaan lain.

Jika Anda melewatkan gerhana matahari ini, Anda masih memiliki satu kesempatan lagi tahun ini.

Gerhana matahari kedua dan terakhir tahun 2021 akan berlangsung pada 4 Desember.

Meskipun gerhana matahari total hanya akan terlihat dari Antartika, orang-orang di Afrika selatan, termasuk Namibia dan Afrika Selatan, dapat melihat sekilas gerhana matahari sebagian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.