Sukses

Dianggap Ambil Untung dari Jual Produk Online, Wanita Mirip Aktris Fan Bingbing Dituntut

Chen Xinling, yang mirip dengan aktris Tiongkok Fan Bingbing dan seorang influencer online populer, dituntut oleh sang superstar karena dianggap melanggar hak potretnya.

Liputan6.com, Beijing - Fan Bingbing, seorang aktris populer, model, penyanyi, dan selebritas dengan bayaran tertinggi di China selama empat tahun terakhir, menggugat salah satu doppelganger alias orang yang mirip dengannya. Alasannya karena dianggap mengandalkan penampilannya untuk menjual produk selama streaming online.

Dalam banyak kasus, terlihat seperti selebritas populer dapat dianggap sebagai berkah, tetapi dalam kasus salah satu doppelganger aktris China Fan Bingbing, ini ternyata lebih dari sekadar kutukan. 

Menurut SCMP, yang dikutip pada Rabu (9/6/2021), hingga September tahun lalu, Chen Xinling yang berusia 32 tahun dapat menggunakan kemiripannya yang mencolok dengan Fan Bingbing untuk membangun pengikut yang kuat di serangkaian platform streaming China dan bahkan memulai bisnis yang menguntungkan dengan menjual produk di e-commerce China. 

Tetapi mimpi itu berubah menjadi mimpi buruk ketika Chen menemukan bahwa kemiripannya yang luar biasa dengan Fan Bingbing sebenarnya adalah tanggung jawab hukum.

Mengutip Odditycentral, Fan Bingbing menuduh orang yang mirip dengannya itu menggunakan penampilan dan popularitasnya untuk menjual produk kecantikan dan perawatan online. Lalu menuntut Chen mengubah nama online-nya, serta membayar kompensasi yang besar dan mengeluarkan permintaan maaf publik setiap hari selama minimal 60 hari.

Meskipun Chen tidak menggunakan nama lengkap sang selebritas, akun streaming online-nya adalah Fan Yebing, yang tampaknya terlalu mirip dengan Fan Bingbing. Namun, Chen mengatakan bahwa dia yakin dia telah dipilih karena popularitas dan kemiripannya dengan Bingbing, karena ada banyak yang menyebut diri mereka "Fan Bingbing".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Chen Xinling Berusaha Menjauhkan Diri dari Merek Fan Bingbing

Sejak gugatan dimulai, pada bulan September 2020, Chen Xinling telah berusaha menjauhkan diri dari merek Fan Bingbing dengan segala cara yang dia bisa, mengubah nama online-nya dan bahkan menjalani operasi bedah untuk membuat dirinya tidak terlihat seperti wanita yang dia panggil "idola".

Chen bersikeras bahwa bukan kemiripannya dengan Fan Bingbing yang membuat lebih dari 1 juta orang mengikutinya di platform streaming langsung Taobao, tetapi kepribadian dan keterlibatannya dalam komunitas.

“Saya ingat nama dan hari ulang tahun penggemar berat saya,” kata Chen Xinling. 

“Saya melakukan streaming langsung rata-rata 10 jam sehari, lebih dari 350 hari setahun. Tidak seperti pemimpin opini kunci (KOL) terkenal yang memiliki tim yang membantu mereka, saya hanya memiliki satu asisten. Saya harus melakukan riset online tentang produk selama beberapa jam setiap hari karena KOL yang tidak terlalu terkenal seperti saya harus mempromosikan produk secara lisan selama setengah jam hingga satu jam sebelum dijual. Saya juga menyelingi promosi penjualan saya dengan pembicaraan tentang hidup saya agar tidak terlalu komersial.”

Tidak jelas berapa banyak bobot argumen ini di pengadilan, tetapi berdasarkan catatan Fan Bingbing sejauh ini, para doppelganger-nya harus sangat khawatir. 

Catatan menunjukkan bahwa pada tahun 2018, selebritas tersebut telah terlibat dalam lima tuntutan hukum atas penggunaan penampilannya yang melanggar hukum, yang semuanya dimenangkannya.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.