Sukses

Istana Klaim Ratu Elizabeth Tak Diberitahu Pangeran Harry Soal Penamaan Lilibet

Lilibet merupakan nama panggilan sayang di lingkungan kerajaan Inggris bagi Ratu Elizabeth II saat masa kanak-kanak.

Liputan6.com, London - Lilibet Diana, demikian nama yang disematkan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markel untuk putri mereka. Belakangan, penamaan anak kedua pasangan tersebut menuai respons dari pihak Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth II tidak ditanya oleh Pangeran Harry maupun Meghan Markle tentang penamaan putri mereka Lilibet, sumber Istana mengatakan kepada BBC.

Lilibet merupakan nama panggilan sayang di lingkungan kerajaan Inggris bagi Ratu Elizabeth II saat masa kanak-kanak, demikian dikutip dari BBC, Rabu (9/6/2021).

Sebuah sumber yang dekat dengan Harry dan Meghan Markle mengatakan kepada BBC bahwa Duke of Sussex itu telah berbicara dengan Ratu sebelum kelahiran dan dia akan menggunakan penamaan itu.

Hubungan antara pasangan tersebut dan Keluarga Kerajaan telah menjadi berita utama dalam beberapa bulan terakhir.

Awal tahun ini, ketika pasangan itu sedang menantikan putri mereka, keduanya melayangkan kritik terhadap Keluarga Kerajaan dan membuat tuduhan rasisme dalam sebuah wawancara eksplosif dengan Oprah Winfrey.

Dan meskipun Harry berbicara tentang kesulitan antara dia dan ayahnya, dia mengatakan bahwa memiliki hubungan yang "sangat baik" dengan Ratu Elizabeth II dan mereka berbicara secara rutin melalui panggilan video.

Pada akhir pekan, pasangan itu mengumumkan bahwa Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor telah lahir di rumah sakit Santa Barbara, California.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Akan Makna

Nama "Lilibet" sarat dengan sejarah pribadi bagi Yang Mulia Ratu Elizabeth.

Julukan itu diciptakan ketika Putri Elizabeth saat itu masih balita dan tidak bisa mengucapkan namanya sendiri dengan benar.

Kakeknya, Raja George V, dengan sayang memanggilnya Lilibet, meniru upayanya untuk menyebut namanya. Itu membekas dan mulai digunakan oleh kerabat dekat.

Setelah kelahiran Lilibet, secara luas diduga bahwa Harry dan Meghan pertama kali berdiskusi dengan Ratu tentang pilihan nama.

Ada cerita-cerita berikutnya di kalangan wartawan yang mengutip "teman-teman" dari pasangan itu yang menyebut bahwa Harry telah meminta izin dari neneknya.

The Times juga melaporkan bahwa bahwa Ratu telah diberitahu oleh Harry tentang nama itu.

Dan sumber yang dekat dengan Duke of Sussex juga mengatakan kepada BBC bahwa Harry telah berbicara dengan Ratu sebelum kelahiran putrinya, oleh karena itu klaim Istana itu diperdebatkan.

 

3 dari 3 halaman

Cicit ke-11 Ratu Elizabeth II

Lilibet adalah cicit ke-11 Ratu dan adik perempuan Archie, yang sekarang berusia dua tahun.

Nama tengahnya, Diana, merupakan penghormatan kepada mendiang ibunda Pangeran Harry.

Putri Charlotte, putri Pangeran William dan Catherine, juga memiliki Diana sebagai salah satu nama tengahnya, serta Elizabeth.

Setelah kelahirannya, Istana Buckingham mengatakan Ratu dan bangsawan senior lainnya telah diberitahu dan "senang dengan berita itu".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.