Sukses

9 Juni 1772: Kapal Milik Inggris Terbakar di Rhode Island

Pada 8 Juni 1772, kapal Inggris dibakar oleh Amerika Serikat di Rhode Island.

Liputan6.com, Rhode Island - Dalam sebuah insiden yang dianggap oleh beberapa orang sebagai keterlibatan angkatan laut pertama dari Revolusi Amerika, penjajah menaiki Gaspee, sebuah kapal Inggris yang kandas di lepas pantai Rhode Island, dan membakarnya.

Dikutip dari History, Selasa (8/6/2021), pada saat itu, Gaspee sedang mengajar Hanna, sebuah kapal penyelundup Amerika, ketika kandas di Namquit Point, Teluk Narragansett Providence pada 9 Juni 1772.

Malam itu, John Brown, seorang pedagang Amerika yang marah dengan pajak Inggris yang tinggi atas barang-barangnya mendayung ke Gaspee dengan sejumlah penjajah lain dan menguasai kapal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amerika Membakar Gaspee

Setelah memimpin krunya, Amerika membakar Gaspee.

Ketika para pejabat Inggris berusaha untuk mengadili para kolonis yang terlibat dalam apa yang disebut 'Gaspee Affair'.

Mereka tidak menemukan orang Amerika yang mau bersaksi melawan rekan senagaranya.

Hal ini memperbaharui ketegangan dalam hubungan antara Inggris dan Amerika -- menghilhami Boston Patriots untuk menerikan 'Komite Korespondensi' -- sebuah kelompok propaganda yang mengumpulkan orang Amerika untuk tujuan mereka dengan memplubikasikan semua aktivitas anti-Inggris yang terjadi di 13 koloni.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.