Sukses

WHO: Tingkat Vaksinasi yang Tinggi Bantu Kurangi Risiko Penyebaran Varian COVID-19

Banyak negara kaya telah bergerak untuk memvaksinasi remaja dan anak-anak demi menekan angka pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa cakupan vaksinasi COVID-19 setidaknya 80 persen diperlukan untuk secara signifikan menurunkan risiko kasus virus corona "impor", seperti yang terkait dengan varian baru dapat menelurkan klaster atau wabah yang lebih luas.

Dr. Michael Ryan, kepala kedaruratan WHO, mengatakan pada konferensi pers bahwa pada akhirnya, “tingkat cakupan vaksinasi yang tinggi adalah jalan keluar dari pandemi ini.”

Banyak negara kaya telah beralih untuk memvaksinasi remaja dan anak-anak bahkan ketika negara sedang menghadapi tekanan untuk berbagi vaksin dengan negara-negara miskin yang kekurangan vaksin.

Mengutip Arab News, Selasa (8/6/2021), Inggris - yang telah sangat mengurangi jumlah kasus berkat kampanye vaksinasi yang agresif - telah melihat peningkatan baru-baru ini dalam kasus-kasus yang sebagian besar dikaitkan dengan apa yang disebut varian delta yang awalnya muncul di India.

Ryan mengakui bahwa data tidak sepenuhnya jelas tentang berapa persentase cakupan vaksinasi yang diperlukan untuk sepenuhnya berdampak pada penularan.

"Tapi, tentu saja cakupan 80 persen berada dalam posisi di mana Anda dapat secara signifikan mempengaruhi risiko kasus impor yang berpotensi menghasilkan kasus sekunder atau menyebabkan klaster atau wabah," katanya.

“Jadi memang membutuhkan tingkat vaksinasi yang cukup tinggi, terutama dalam konteks varian yang lebih menular, agar aman,” tambah Ryan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Varian Delta Telah Menyebar di Lebih dari 60 Negara

Maria Van Kerkhove, technical lead WHO untuk COVID-19, mencatat varian delta menyebar di lebih dari 60 negara, dan lebih mudah menular daripada varian alfa, yang pertama kali muncul di Inggris.

Dia mengutip "tren yang mengkhawatirkan dari peningkatan penularan, peningkatan pencampuran sosial, pelonggaran kesehatan masyarakat dan langkah-langkah sosial, dan distribusi vaksin yang tidak merata dan tidak adil di seluruh dunia."

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, sementara itu, meminta para pemimpin Kelompok Negara (G-7) maju untuk membantu program vaksinasi yang didukung PBB terhadap COVID-19 untuk meningkatkan akses ke dosis di negara berkembang.

Dengan para pemimpin G-7 yang akan bertemu di Inggris akhir pekan ini, Tedros mengatakan mereka dapat membantu memenuhi targetnya bahwa setidaknya 10 persen populasi di setiap negara divaksinasi pada akhir September – dan 30 persen pada akhir tahun.

“Untuk mencapai target ini, kami membutuhkan tambahan 250 juta dosis pada bulan September, dan kami membutuhkan ratusan juta dosis hanya pada bulan Juni dan Juli,” katanya, mengacu pada pertemuan puncak yang melibatkan Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat.

“Tujuh negara ini memiliki kekuatan untuk memenuhi target tersebut. Saya menyerukan kepada G-7 untuk tidak hanya berkomitmen untuk membagikannya, tetapi juga berkomitmen untuk membagikannya pada bulan Juni dan Juli.”

Pada saat pasokan vaksin yang ketat, Tedros juga meminta produsen untuk memberikan “hak penolakan pertama” pada volume vaksin baru untuk program COVAX yang didukung PBB, atau untuk berkomitmen setengah dari volume mereka untuk COVAX tahun ini.

Dia memperingatkan "pandemi dua jalur", dengan kematian di antara kelompok usia yang lebih tua menurun di negara-negara dengan tingkat vaksinasi yang lebih tinggi bahkan ketika tingkat telah meningkat di Amerika, Afrika dan kawasan Pasifik Barat.

 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.