Sukses

ASEAN dan China Jadikan Pandemi COVID-19 Momentum Tingkatkan Ekonomi Hijau Berkelanjutan

Kerja sama ASEAN dan RRT meliputi pembangunan hijau berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China telah menegaskan komitmen kerja samanya dalam memulihkan ekonomi usai pandemi COVID-19. Kedua pihak sepakat juga untuk meningkatkan kerja sama pembangunan dan ekonomi hijau yang berkelanjutan. 

"Pandemi COVID-19 ini menjadi momentum bagi kita untuk meningkatkan kerja sama pembangunan dan ekonomi hijau yang berkelanjutan," papar Menlu Retno dalam virtual press briefing usai pertemuan Menlu ASEAN dan RRT di Chongqing, Senin 7 Juni 2021.

ASEAN dan China akan melakukan kerja sama sekaligus kolaborasi dalam bidang investasi dalam negeri hijau, pembiayaan inovatif untuk infrastruktur hijau, pembiayaan proyek ramah lingkungan serta penelitian dan pengembangan bahan bakar nabati dan energi terbarukan. 

Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk nyata menuju ASEAN-China Year for Sustainable Development. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencegahan Perubahan Iklim Ekstrem

Upaya kerja sama China dan ASEAN tersebut juga merupakan aksi konkret guna mencegah perubahan iklim ekstrem di masa mendatang. 

"Segala upaya ini harus disinergikan agar kita dapat memimpin dengan teladan, lead by example, dalam meningkatkan ambisi iklim di kawasan," tambah Menlu Retno lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini