Sukses

Studi: Orang yang Memiliki 2 Anak Hidup Lebih Lama

Tidak hanya baik secara mental, memiliki dua anak juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan fisik sang orang tua

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak bisa menjadi kebahagiaan total bagi orangtua. Seperti pepatah terkenal menyatakan, "Dua kepala lebih baik dari satu", lebih mudah bagi dua orang untuk memecahkan masalah daripada 1 orang yang menyelesaikannya sendiri, tampaknya itu juga berlaku untuk orangtua dengan dua anak.

Menurut Bright Side, yang dikutip Senin (7/6/2021) anak-anak dapat memberikan hal yang terbaik dari orangtua, termasuk umur yang lebih panjang. Inilah bagaimana dua anak dapat memiliki dampak besar pada kehidupan orangtua mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang yang Memiliki Anak Hidup Lebih Lama dari mereka yang Tidak memiliki Anak

Para peneliti menemukan bahwa memiliki anak dikaitkan dengan umur panjang orang tua.

Dengan menganalisis laki-laki, perempuan yang lahir antara tahun 1911 dan 1925, dan anak-anaknya, mereka sampai pada kesimpulan bahwa berkat dukungan dari putra dan putri mereka, stres dari orangtua yang lanjut usia cenderung lebih rendah, sehingga mengarah ke umur yang lebih panjang.

3 dari 4 halaman

Ini Berlaku untuk Pria dan Wanita

Studi lain yang sangat menarik menemukan bahwa ibu dengan tidak hanya satu tetapi dua anak biologis hidup lebih lama daripada wanita yang tidak memiliki anak atau hanya satu putra atau putri.

Memiliki dua anak sama pentingnya bagi pria seperti halnya bagi wanita. Studi yang sama menganalisis dan mengkorelasikan jumlah anak dan umur seorang pria.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan ayah tanpa anak atau dengan satu, lima, atau lebih, pria dengan dua anak hidup lebih lama.

4 dari 4 halaman

Bahkan Mengadopsi Dapat Memiliki Manfaat yang Signifikan

Manfaatnya sangat mengejutkan dan membangkitkan semangat. Wanita yang mengadopsi dua anak memiliki harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan ibu kandung. Dan yang lebih aneh lagi adalah ketika membandingkan jumlah anak angkat dan umur panjang, orangtua dengan dua anak selalu berkembang pesat dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki satu serta mereka yang memiliki empat anak angkat.

Kesimpulan lain yang cukup menarik adalah bahwa mengadopsi anak tampaknya menambah tiga tahun harapan hidup seorang ibu. Mengadopsi dua atau tiga anak menambah lima tahun tambahan dalam hidup mereka. 

Hal ini juga dapat dijelaskan dengan dukungan yang diberikan anak-anak kepada orangtua di hari tua. Ini adalah berita yang mengharukan bagi calon ibu dan ayah yang ingin menyambut putra dan putri ke dalam keluarga mereka!

Yang lebih mengejutkan lagi adalah dampak mengadopsi anak-anak dari latar belakang budaya yang berbeda terhadap kehidupan orangtua.

Studi yang sama juga membandingkan asal usul anak-anak yang diadopsi dan harapan hidup orangtua mereka. Ibu dan ayah yang mengadopsi anak secara transnasional memiliki umur yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang mengadopsi anak di dalam negeri (dari negara yang sama), campuran (baik di dalam negeri maupun transnasional), dan dengan orangtua kandung.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.