Sukses

Bayi Meghan Markle Diberi Nama Lilibet Diana, Paduan dari Ratu Inggris dan Sang Nenek

Meghan Markle melahirkan anak kedua. Ia dan Pangeran Harry menggunakan paduan nama dari sang nenek, Putri Diana dan Ratu Inggris Elizabeth untuk putri mereka yakni Lilibet Diana.

Liputan6.com, California - Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah mengumumkan kelahiran anak kedua mereka. Meghan Markle melahirkan bayi perempuan pada Jumat 4 Juni 2021 pukul 11:40 waktu California, dengan berat sekitar 3,4 kg (7 pon 11 ons) dan sekarang sudah berada di rumah.

Menggunakan paduan nama dari sang nenek, Putri Diana dan Ratu Inggris Elizabeth, Meghan Markle dan Pangeran Harry memberi nama putri mereka dengan Lilibet Diana. Selain itu menyebut bahwa nama panggilannya adalah Lili.

"Lilibet 'Lili' Diana Mountbatten-Windsor lahir pada Jumat pagi di sebuah rumah sakit di Santa Barbara, California. Baik ibu dan anak sehat dan baik-baik saja, kata pasangan itu dalam sebuah pernyataan," kata pasangan Duke dan Duchess of Sussex dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC, Senin (7/5/2021).

"Nama tengahnya, Diana, dipilih untuk menghormati mendiang nenek tercinta, Putri Wales," kata pernyataan dari Duke dan Duchess of Cambridge itu.

Lilibet Diana kini merupakan cicit ke-11 Ratu Inggris dan berada di urutan kedelapan pewaris takhta. Artinya, Pangeran Andrew, yang lahir di urutan kedua pada tahun 1960, turun ke urutan kesembilan.

Sejauh ini Pangeran Harry dan Meghan Markle belum merilis foto putri mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat

Sementara itu, pihak Istana Buckingham mengatakan: "Ratu, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall, serta Duke dan Duchess of Cambridge telah diberitahu dan senang dengan berita itu."

Dalam pesan terima kasih di situs web pasangan itu Archewell, mereka berkata: "Pada 4 Juni, kami diberkati dengan kelahiran putri kami, Lili."

"Dia lebih dari yang pernah kami bayangkan, dan kami tetap bersyukur atas cinta dan doa yang kami rasakan dari seluruh dunia. Terima kasih atas kebaikan dan dukungan Anda yang berkelanjutan selama waktu yang sangat istimewa ini untuk keluarga kami."

Pesan itu juga menyatakan bahwa siapa pun yang ingin mengirim hadiah diminta untuk "mendukung atau mempelajari lebih lanjut tentang" organisasi yang bekerja untuk perempuan dan anak perempuan.

Suka cita juga disampaikan oleh Pangeran Wales, ayah Pangeran Harry, dan Duchess of Cornwall melalui Twitter, "Selamat kepada Harry, Meghan dan Archie atas kelahiran bayi Lilibet Diana. Semoga mereka semua baik-baik saja di waktu yang istimewa ini."

Sementara Duke dan Duchess of Cambridge berkata: "Kami semua senang dengan kabar gembira atas kelahiran bayi Lili."

Perdana Menteri Boris Johnson juga tak ketinggalan mengirimkan "banyak ucapan selamat" kepada pasangan itu. Sedangkan pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer menyambut baik "berita luar biasa" atas kelahiran Lili.

Pangeran Harry (36) dan Meghan Markle (39) bertemu pada kencan buta dan menikah pada Mei 2018 dalam sebuah upacara di Kastil Windsor. Anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, lahir setahun kemudian.

Teman Meghan, Misan Harriman, yang mengambil foto hitam-putih pasangan itu untuk pengumuman kehamilan kedua Meghan Markle, turut menghaturkan selamat melalui Twitter: "Lilibet telah lahir! Selamat untuk temanku yang pemberani dan keluarganya yang bahagia!"

 

3 dari 3 halaman

Lilibet Bangsawan Paling Senior di Garis Suksesi Saat Ini yang Lahir di Luar Negeri

Pangeran Harry telah secara terbuka merefleksikan pendekatannya menjadi orang tua baru-baru ini, dengan mengatakan dia ingin "memutuskan siklus" "rasa sakit dan penderitaan" dari pengasuhannya dengan anak-anaknya sendiri.

Dia dan Meghan berhenti dari peran mereka sebagai bangsawan pekerja senior pada Maret 2020. Berbicara bulan lalu, sang duke mengatakan pindah ke AS bukan bagian dari rencana, tetapi dia merasa harus mengutamakan keluarga dan kesehatan mentalnya.

Sebagai hasil dari langkah tersebut, Lilibet kini menjadi bangsawan paling senior di garis suksesi saat ini yang lahir di luar negeri. Dia akan memenuhi syarat untuk menjadi presiden Amerika Serikat.

Tapi seperti Archie, yang tidak berhak atas gelar kerajaan ketika ia lahir, Lilibet tidak akan diizinkan menjadi seorang putri atau menyandang gelar HRH sampai Ratu Inggris meninggal dan Pangeran Charles menjadi raja, di bawah aturan yang ditetapkan lebih dari 100 tahun yang lalu.

Meski demikian, pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle tetap berbahagia. Tersirat dalam pernyataan mereka yang berbunyi "sangat gembira" menyambut Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor ke dunia.

Duncan Larcombe, mantan editor kerajaan di The Sun, mengatakan dia pikir nama itu adalah "nama paling bangsawan yang bisa Anda berikan".

"Tidak ada keraguan bahwa pilihan nama untuk putri pertama Harry dan Meghan adalah yang pertama - mungkin satu-satunya - tanda damai yang ditawarkan Sussex sebagai pasangan kepada Keluarga Kerajaan Inggris sejak ... mereka meninggalkan keluarga, " kata Larcombe kepada BBC.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.