Sukses

Mantan Menlu RI Mochtar Kusumaatmadja Tutup Usia, Kemlu Berbelasungkawa

Kementerian Luar Negeri mengenang pengabdian Menteri Luar Negeri Indonesia periode 1978-1988 Mochtar Kusumaatmadja, yang wafat pada Minggu pagi, 6 Juni 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri mengenang pengabdian Menteri Luar Negeri Indonesia periode 1978-1988 Mochtar Kusumaatmadja, yang wafat pada Minggu pagi, 6 Juni 2021.

Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia pada usia 92 tahun.

Melalui pernyataan di Twitter, Kemlu RI menyampaikan duka cita atas kepergian Mochtar yang merupakan "salah satu putra terbaik bangsa."

"Seluruh jasa-jasa dan pengorbananmu tidak akan lekang oleh waktu. Abadi di benak dan hati kami selamanya," demikian keterangan Kemlu RI.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga menyampaikan bela sungkawa.

"Terima kasih Pak Mochtar. Kerja dan jasa Bapak untuk Kementerian Luar Negeri dan Politik Luar Negeri Indonesia, tidak akan pernah kami lupakan," tweet Menlu Retno.

"Duka cita yang dalam untuk keluarga besar Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Menjabat sebagai Menteri Kehakiman

Selain pernah menjabat sebagai menlu, ia juga sempat mengampu tugas sebagai menteri kehakiman pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, serta menjabat sebagai menteri kelautan pada era Presiden Abdurrahman Wahid.

Pria kelahiran 17 Februari 1929 di Batavia itu juga dikenal sebagai Guru Besar Hukum di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Saat ini jenazah almarhum masih disemayamkan di rumah duka Jalan Balitung 3 Nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta.

Menurut rencana, jenazah Mochar akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, pada Minggu, dengan upacara yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

"Rencananya (dimakamkan) hari ini di TMP," ujar Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.