Sukses

Warga Malaysia Murka, 120 Ribu Perusahaan dapat Kelonggaran Saat Lockdown COVID-19

Malaysia saat ini sedang menerapkan Movement Control Order (MCO) ketiganya, yang disebut-sebut sebagai lockdown 'total' di tengah lonjakan kasus COVID-19.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Malaysia saat ini sedang menerapkan Movement Control Order (MCO) ketiganya, yang disebut-sebut sebagai lockdown 'total'. Ini muncul setelah lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini, yang melihat kasus harian naik ke angka pemecahan rekor sejak awal pandemi.

Jadi, dengan penguncian total, orang akan berharap bahwa semua bisnis yang tidak penting akan ditutup.

Tapi itu tidak terjadi ketika terdengar kabar bahwa lebih dari 120.000 perusahaan, beberapa dari mereka merupakan non-esensial, diberikan kelonggaran beroperasi selama penguncian total.

Hal ini tidak mendapat respons positif dari warga Malaysia. Bahkan, telah memicu seruan untuk pengunduran diri Menteri Perdagangan dan Industri Internasional (MITI) Azmin Ali.

Para kritikus dari pengecualian ini mengatakan sistem perawatan kesehatan, yang sudah berjuang untuk mengikuti kasus yang meningkat, tidak akan dapat menangani gelombang lain.

Di tengah keributan publik, Azmin membantah bahwa MITI adalah satu-satunya otoritas pemerintah yang bertugas menyetujui operasi bisnis.

"Hingga saat ini, 15 kementerian telah menggunakan CIMS 3.0 untuk mempermudah proses evaluasi permohonan izin untuk beroperasi di bawah sektornya masing-masing," katanya.

"Kementerian Perdagangan dan Industri bukan satu-satunya pembuat keputusan apakah sektor usaha dianggap sebagai layanan penting atau tidak."

Sebagai gantinya, Azmin menjelaskan bahwa 15 kementerian pemerintah lainnya juga memiliki kekuatan pemeriksaan sebagai bagian dari Sistem Manajemen Cerdas (CIMS) COVID-19 negara itu.

Laporan awal menyatakan bahwa sekitar 95.000 perusahaan telah diberi persetujuan oleh MITI untuk beroperasi selama MCO yang ketiga ini. Tetapi per 3 Juni, total 128.150 perusahaan telah diberikan pengecualian untuk beroperasi, dari 586.308 aplikasi.

Kembali ke penolakan kekuatan pemeriksaan tunggal MITI, pemerintah Malaysia mengumumkan pada 31 Mei bahwa Kementerian memang bertanggung jawab atas hal itu. Bagus, putar balik lagi.

Meskipun dapat dimengerti bahwa beberapa bisnis mungkin perlu melanjutkan operasi mereka selama MCO, apa yang membingungkan pikiran adalah dugaan persetujuan operasi untuk bisnis non-esensial seperti studio fotografi dan toko furnitur, yang tampaknya diberikan oleh MITI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update COVID-19 Dunia 6 Juni 2021

Kasus COVID-19 di dunia hingga Minggu (6/6/2021) sudah mencapai 173.715.562. Sementara itu, total kasus kematian akibat COVID-19 saat ini adalah 3.736.081. 

Menurut data dari Worldometers, total jumlah pasien COVID-19 yang berhasil pulih sebanyak 156.586.441.

Dari total kasus sebanyak itu di dunia, AS masih menjadi negara dengan angka kasus tertinggi yakni sebanyak 34.204.374 dengan total kematian 612.203.

Mengikuti di bawahnya, India dan Brasil memiliki kasus paling banyak setelahnya. 

Di benua Eropa, Prancis, Rusia dan Inggris memiliki kasus COVID-19 paling banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.