Sukses

Sejumlah Warga Sipil Tewas dalam Penyerbuan Militer di Desa Myanmar

Jika dikonfirmasi, angka korban tewas yang diberikan oleh media lokal Myanmar --yakni 20 orang-- akan menjadi yang tertinggi dalam satu hari dalam hampir dua bulan.

Liputan6.com, Naypyidaw - Pertempuran antara pasukan keamanan Myanmar dan penduduk desa yang dipersenjatai dengan ketapel dan busur panah di wilayah delta sungai Ayeyarwady telah menyebabkan setidaknya tiga orang tewas, kata media negara - meskipun media lokal melaporkan sebanyak 20 orang telah tewas.

Jika dikonfirmasi, angka korban tewas yang diberikan oleh media lokal akan menjadi yang tertinggi dalam satu hari dalam hampir dua bulan.

Berita televisi negara mengatakan tiga "teroris" telah tewas dan dua ditangkap pada hari Sabtu 5 Juni 2021 di desa Hlayswe ketika pasukan keamanan melakukan penyerbuan untuk menangkap seorang pria yang dituduh merencanakan 'aksi' terhadap negara, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (6/6/2021).

Seorang juru bicara pemerintah militer tidak menjawab panggilan dari kantor berita Reuters yang meminta komentar tentang kekerasan di desa di kotapjad Kyonpyaw, Ayeyarwady. Reuters tidak dapat mengkonfirmasi tol secara independen.

Myanmar telah berada dalam kekacauan dan ekonominya lumpuh sejak militer mendesklasi pemerintahan Aung San Suu Kyi pada Februari, mengutip tuduhan kecurangan yang tidak berdasar selama pemilu 2020.

Bentrokan pecah sebelum fajar pada hari Sabtu di Hlayswe, sekitar 150km (100 mil) barat laut kota utama Yangon, ketika tentara mengatakan mereka telah datang untuk mencari senjata, setidaknya empat outlet media lokal dan seorang penduduk mengatakan.

"Warga di desa hanya memiliki busur silang dan ada banyak korban di pihak masyarakat," kata warga, yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena takut akan pembalasan.

Khit Thit Media dan Kantor Berita Delta mengatakan 20 warga sipil telah tewas dan lebih banyak terluka. Mereka mengatakan penduduk desa telah mencoba melawan dengan ketapel setelah tentara menyerang warga.

Televisi negara MRTV mengatakan pasukan keamanan telah diserang dengan senjata udara bertekanan dan anak panah. Setelah baku tembak, mayat tiga penyerang telah ditemukan, katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

'Pasukan Pertahanan Lokal'

Sekitar 845 orang sebelumnya telah dibunuh oleh tentara dan polisi sejak kudeta Februari, menurut kelompok aktivis. Pemerintah militer memperdebatkan angka itu.

Beberapa komunitas di seluruh Myanmar - terutama di kota-kota yang telah melihat jumlah kematian yang tinggi di tangan polisi selama protes - telah membentuk "pasukan pertahanan" lokal.

Tetapi mereka sering kalah jumlah dan kalah dalam bentrokan dengan militer Myanmar - salah satu asia Tenggara yang paling keras dan brutal.

Sejak kudeta, konflik juga berkobar di daerah perbatasan di mana beberapa dua lusin tentara etnis telah berjuang melawan negara selama beberapa dekade.

Pasukan Pertahanan Rakyat Shwegu anti-militer mengatakan telah menyerang sebuah kantor polisi di Shwegu utara akhir hari Jumat bersama dengan Tentara Kemerdekaan Kachin (KIA).

Reuters tidak dapat menghubungi KIA untuk berkomentar.

Di Myanmar timur, MBPDF (Pasukan Pertahanan Rakyat Mobye) mengatakan telah bentrok dengan tentara pada hari Jumat dan empat "tentara teroris" telah tewas.

Meskipun gejolak, pasukan Myanmar telah menunjukkan sedikit tanda-tanda mengasinkan panggilan dari lawan-lawannya untuk melepaskan penahanannya.

Minggu ini, pemerintah militer menerima pengunjung asing profil tinggi pertamanya - kepala Komite Internasional Palang Merah dan dua utusan ASEAN.

Demonstran di kota kedua Myanmar Mandalay membakar bendera ASEAN pada hari Sabtu dan menuduh kelompok itu memberikan legitimasi terhadap pemerintahan militer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.